10 Cara Meningkatkan SEO Untuk Toko Online

uqwo.com – 10 Cara Meningkatkan SEO Untuk Toko Online , SEO untuk toko online tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk website. Dalam era yang semakin mudah ini, semua orang bisa dengan mudah membuka usaha dengan mengandalkan internet. Salah satu bisnis yang paling mudah dilakukan saat ini adalah toko online.

Modal yang dibutuhkan juga tidak besar karena Anda hanya memerlukan koneksi internal dan cara memasarkannya. Semua toko online tentunya memiliki trik tersendiri dalam bersaing dengan kompetitornya. Namun salah satu cara yang akan membantu Anda dalam menghadapi persaingan tersebut adalah menggunakan SEO.

Kekuatan SEO untuk sebuah toko online sudah tidak diragukan lagi. Tanpa SEO, mungkin saja bisnis online kurang maksimal dalam memasarkannya. Toko online yang tidak dioptimalkan dengan bantuan mesin pencari hanya akan tersaingi dengan pemilik lainnya. Walaupun bisnis online juga semakin banyak peminatnya, namun semuanya dapat bertahan dengan hasil yang maksimal. Hal ini karena masing-masing orang memiliki cara-cara yang unik untuk memasarkannya.

Beberapa orang mungkin masig menganggap bahwa memaksimalkan SEO untuk toko online sama dengan saat memaksimalkan SEO pada website di bidang layanan dan jasa. Hal ini tentu berbeda karena toko online akan langsung mengarahkan Anda pada produk yang dijual. Dan yang pasti, tidak semua produk yang Anda jual mampu berada di halaman utama tanpa bantuan SEO.

Bagaimana cara meningkatkan SEO khususnya untuk toko online?

Toko online yang berada di peringkat atas tentunya lebih memiliki peluang untuk dikunjungi. Anda pun bisa menempatkan jualan online pada halaman utama. Agar toko online bisa menempati peringkat paling atas dan meningkatkan penjualan, berikut cara yang harus Anda lalukan;

Cara Meningkatkan SEO
Cara Meningkatkan SEO

10 Cara Meningkatkan SEO Untuk Toko Online

1.Pilih kata kunci yang tepat

Pemilihan kata kunci menjadi hal yang sangat penting agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari SEO. Semua bisa menjual produk yang sama, namun hanya pemilihan kata kunci yang unik saja yang mampu menarik banyak pengunjung yang kemudian memutuskan untuk membelinya. Toko online tidak menyediakan banyak konten. Dalam hal ini Anda harus pandai dalam memilih kata kunci yang tepat.

2.Berikan deskripsi produk yang menarik

Kebanyakan pemilik toko online biasanya hanya menonjolkan gambarnya saja tanpa memberikan deskripsi seputar produk tersebut. Agar toko online Anda lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencari, maka Anda perlu menuliskan deskripsi produk yang menarik. Selain itu juga harus melengkapi seputar keunggulan dan kelemahan dari produk tersebut. Berikan spesifikasi yang lengkap sehingga pengunjung tidak perlu bertanya-tanya lagi.

3.Hindari membuat deskripsi yang sama

Mesin pencari cenderung tidak menggubris dengan adanya konten yang sama (duplicat content). Maka dari itu Anda harus menghindari hal ini. Meski produknya sama persis, tapi jangan membuat deskripsi yang sama. Deskripsi yang sama persis hanya akan membuat mesin pencari enggan menyeleksi sehingga tidak ada peluang untuk masuk ke halaman utama.

4.Optimasi foto produk

Meningkatkan SEO pada toko online sebenarnya sangat mudah. Salah satunya adalah dengan optimasi foto produk. Sayangnya masih banyak pemilik toko online yang mengabaikan hal ini. Optimasi foto produk di sini bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan kata kunci pada setiap gambar. Hal ini karena mesin pencari tidak bisa melacak gambar tanpa adanya kata kunci. Gunakan kata kunci yang relevan agar lebih mudah dijangkau oleh mesin pencari.

Cara Meningkatkan SEO
Cara Meningkatkan SEO

5.Pilih meta deskripsi yang mengandung CTA

Meta deskripsi dalam sebuah toko online nantinya akan menarik orang untuk membeli produk Anda. Dengan letak yang terlihat dengan jelas, maka Anda harus memaksimalkan penulisan meta deskripsi. Buat agar pengunjung yang melihatnya langsung mengklik link menuju produk yang Anda jual. Beberapa ahli menyarankan bahwa meta deskripsi yang baik untuk toko online harus mengandung CTA (Call To Action).

6.Pilih navigasi yang mudah

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat toko online. Salah satunya adalah navigasi yang mudah. Para pembeli tentunya lebih menyukai navigasi yang mudah dalam sekali klik. Mereka cenderung akan meninggalkan toko online dengan navigasi yang rumit meski sudah setengan jalan. Navigasi yang mudah tentunya juga akan dipertimbangkan oleh Google untuk berada di peringkat paling atas.

7.Berikan panduan untuk calon pembeli

Dalam mengelola website untuk toko online memang berbeda dengan website yang menyediakan layanan. Anda harus dituntut untuk memaksimalkan halaman produk. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah panduan untuk pembeli. Panduan ini juga mampu meningkatkan SEO dan meningkatkan penjualan Anda. Adanya panduan juga akan memudahkan pembeli dalam menentukan pilihan, meningkatkan kepercayaan dan konversi penjualan. Buatlah panduan yang juga menyertakan kata kunci sehingga lebih mudah untuk dijangkau mesin pencari.

8.Menyertakan review dari pembeli

Dalam berkunjung ke sebuah toko online, tentunya calon pembeli akan memilih toko online yang memiliki review bagus. Untuk itu, adanya review sangatlah penting. Review dari pembeli juga akan membantu meningkatkan traffic yang nantinya semakin menempatkan toko online berada di peringkat atas. Semakin bagus reviewnya maka akan semakin dipercaya.

Sayangnya banyak pembeli yang mengabaikan halaman review tersebut. Namun ada beberapa tips agar pembeli mau memberikan review, yaitu dengan mengirimkan email, memberikan diskon khusus bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk review dan mengirimkan halaman review setelah melalukan transaksi. Cara ini dinilai efektif  dalam meningkatkan kualitas toko online.

Cara Meningkatkan SEO
Cara Meningkatkan SEO

9.Share produk melalui media sosial

Dengan banyaknya persaingan dalam bisnis online tentunya akan memaksa Anda untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan bantuan media sosial. Media sosial memiliki potensi yang bagus dalam menaikkan traffic bisnis online jika dilakukan dengan tepat sasaran. Anda bisa share link produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram Stories, Whatsapp dan media sosial lainnya. Semakin banyak link toko online yang tersebar maka akan semakin banyak peluang toko online untruk dikunjungi. Dalam mennyebarkan link melalui media sosial juga ada etikanya agar tidak terkesan hanya spam dan Anda harus memperlajari hal tersebut.

baca juga

10.Miliki strategi konten

Strategi konten yang bagus mampu menarik banyaknya pengunjung website Anda. Selain itu juga dapat meningkatkan peringkat toko online di mesin pencari. Hal ini tentu bukan hal yang sulit. Yang Anda lakukan di sini adalah dengan membuat foto produk yang unik dan berbeda dari yang lain. Produk yang biasa-biasa aja akan sulit membuat pengunjung terkesan. Untuk membuat strategi konten yang maksimal, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang akan memperindah produk Anda.

Zaman yang serba mudah tentunya memberikan banyak peluang bagi siapa saja yang ingin terjun ke bisnis online. Meski banyak saingan yang harus Anda hadapi, namun semua bisa dilewati dengan mudah jika memiliki trik khusus untuk memasarkannya. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan teknik SEO yang nantinya akan membantu mengembangkan website toko online Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.