40 Alat Google Terbaik

seo.or.id – 40 Alat Google Terbaik Untuk Produktivitas Dan Pemasaran , Google memiliki berbagai alat untuk hampir setiap kebutuhan bisnis yang bisa dibayangkan. Berikut adalah beberapa yang terbaik.


Dapatkah Anda membayangkan dunia tanpa Google?

Meskipun perusahaan ini baru ada sejak tahun 1998, perusahaan ini telah menjadi bagian lanskap teknologi yang ada di mana-mana.

Dalam mimpi terliar mereka, Larry Page dan Sergey Brin mungkin tidak menyangka proyek riset Universitas Stanford mereka akan menjadi mesin pencari paling dominan di dunia.

Namun berkat inovasi seperti PageRank , itulah yang dilakukannya.

Saat ini, semua orang mengenal Google sebagai mesin pencari. Dan Anda mungkin menyadari bahwa penawaran perusahaan telah diperluas untuk menyertakan berbagai alat lainnya.

40 Alat Google Terbaik Untuk Produktivitas Dan Pemasaran

Pada bagian ini, kita akan melihat 40 alat berbeda yang ditawarkan oleh raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View, California dan bagaimana alat tersebut dapat digunakan oleh bisnis, besar dan kecil.

Gmail Untuk Layanan Email Aman


Dengan lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia dan 27% pangsa pasar klien email, Gmail menawarkan lebih dari sekadar akun email pribadi.

Ini juga populer di kalangan bisnis. Saat ini, lebih dari 5 juta bisnis menggunakan G Suite, yang juga mencakup Dokumen, Spreadsheet, Slide, Drive, Hangout, dan lainnya. Kami akan menjelajahi beberapa di antaranya nanti.

Dapat disesuaikan dengan domain Anda, Gmail adalah penyedia layanan email yang cepat, aman, dan andal. Anda juga dapat mencoba peretasan Gmail ini untuk meningkatkan produktivitas.

Google Ads Untuk Menjangkau Pelanggan Baru


Jika pelanggan Anda menggunakan internet – dan tidak diragukan lagi – Anda harus menargetkan mereka secara online.

Google Ads adalah cara terbaik dan paling efektif untuk melakukannya.

Terintegrasi di seluruh hasil penelusuran Google, YouTube, dan Jaringan Displaynya , Google Ads memberi Anda semua data analitik dan kemampuan penargetan yang Anda butuhkan, serta menawarkan solusi otomatis untuk membantu Anda memaksimalkan pembelanjaan pemasaran Anda.

Google Alerts Untuk Pemantauan Reputasi


Siapa pun yang mengatakan “tidak ada yang namanya publisitas buruk” tidak pernah mengalami beban internet yang tidak menyenangkan menimpa mereka.

Tetapi bahkan jika bisnis Anda memiliki rekam jejak yang bersih, layanan pelanggan yang terbukti, dan reputasi yang tidak dapat disangkal, terkadang, seseorang akan memiliki pengalaman yang kurang bagus.

Google memungkinkan Anda mengetahui berita buruk, serta menemukan publisitas yang baik, melalui Google Alerts .

Ini akan secara otomatis memberi tahu Anda tentang penyebutan apa pun tentang bisnis Anda , memungkinkan Anda untuk secara proaktif menangani penyebutan yang berpotensi merusak – atau membagikan penyebutan yang positif.

Google Analytics Untuk Mengukur Penggunaan Aplikasi Dan Lalu Lintas Situs Web


Google Analytics adalah cara termudah untuk memantau penggunaan aplikasi dan lalu lintas web Anda, serta dari mana asalnya.

Gratis untuk digunakan, ini memberi Anda wawasan tentang pelanggan Anda dan perjalanan pembelian mereka, sehingga Anda dapat merampingkan proses pemasaran, mengidentifikasi target Anda, melacak kampanye, dan memecahkan masalah setiap halaman web – semuanya dari dasbor yang sama.

Google Authenticator Untuk Keamanan Verifikasi Dua Langkah


Spammer, peretas, dan penjahat dunia maya lainnya semakin canggih setiap saat.

Google membantu Anda tetap aman di seluruh properti digitalnya dengan bantuan Verifikasi 2 Langkah .

Dengan mengirim SMS atau mengirimi Anda kode unik yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun Anda, ini memberikan keamanan yang lebih kuat daripada kata sandi saja.

Pesan Bisnis Google Untuk Berkomunikasi Dengan Calon Pelanggan


Layanan SMS dan perpesanan instan yang awalnya dirancang untuk sistem operasi Android, Google Business Messages memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan melalui sejumlah titik masuk, termasuk Maps, Penelusuran, dan situs web Anda sendiri.

Mengungguli Saingan SERP Anda untuk Kata Kunci Target
Alat Templat Konten SEO Semrush memungkinkan Anda membuat pengarahan yang disesuaikan, membuat konten yang relevan, dan mengungguli saingan SERP untuk kata kunci target Anda.

Gunakan itu sebagai fitur obrolan untuk menyampaikan waktu tunggu yang diharapkan atau menjawab pertanyaan umum.

Profil Bisnis Google Untuk Promosi Bisnis Lokal


Sejak meluncurkan fitur pencarian lokal baru pada November 2021, Google semakin menekankan pada hasil pencarian di sekitar.

Membuat Google Profil Bisnis adalah bagian penting untuk mendapatkan peringkat tinggi di lingkungan Anda .

Gunakan profil Anda untuk membantu pelanggan menemukan Anda di Penelusuran dan Maps atau untuk mempromosikan penjualan kepada orang-orang di area Anda.

Kalender Google Untuk Manajemen Waktu Dan Penjadwalan
Disorganisasi adalah masalah utama bagi banyak orang.

Kalender Google adalah cara yang bagus untuk menghilangkan masalah itu, mengelola waktu Anda dengan lebih efektif, dan tetap mengikuti jadwal Anda.

Sinkronkan di perangkat Anda untuk mengingatkan diri sendiri tentang panggilan vendor, memblokir waktu untuk presentasi penjualan, atau menjadwalkan janji temu dari mana saja.

Obrolan Google Untuk Perpesanan Instan
Di era kerja jarak jauh ini, perpesanan instan adalah alat yang harus dimiliki untuk bisnis apa pun.

Tetapi mengapa memperumit masalah dengan menambahkan aplikasi pihak ketiga saat Google memberi Anda semua fungsi yang Anda butuhkan di Google Chat ?

Ini memungkinkan Anda mendapatkan semua pesan Anda di satu tempat, berkolaborasi dengan rekan satu tim, dan berintegrasi dengan aplikasi dan alat Google lainnya tanpa kerumitan.

baca juga

  1. Google Chrome Untuk Penjelajahan dan Pengembangan Web
    Jika Anda pernah harus membantu kerabat menghapus banyak bilah alat dari browser mereka atau menunggu dengan tidak sabar jendela untuk mengatasi kebocoran memori, Anda tahu betapa pentingnya browser web yang berkualitas .

Google Chrome memberi Anda cara yang aman untuk menjelajahi internet.

Itu juga memiliki alat pengembang khusus untuk membantu Anda membuat situs web baru dan menguji API – dan fungsinya diperbarui setiap minggu.

  1. Google Chrome Remote Desktop Untuk Terhubung Dengan Komputer Rumah Atau Kantor
    Alat hebat lainnya untuk pekerja jarak jauh, Chrome Desktop Jarak Jauh memungkinkan Anda mengakses komputer kerja dari rumah dari jarak jauh, berbagi layar dengan rekan kerja, atau melihat file saat bepergian.

Awalnya ekstensi Chrome, itu juga tersedia di perangkat Android dan iOS.

  1. Looker Studio Untuk Dasbor Interaktif Dan Laporan Menarik
    Sebelumnya dikenal sebagai Google Data Studio , Looker Studio memungkinkan Anda membuka kekuatan data Anda dengan laporan dan dasbor yang dapat disesuaikan.

Memungkinkan Anda menghubungkan semua spreadsheet, analitik, dan sumber data lainnya ke dalam satu platform, Looker Studio adalah alat penting untuk bisnis apa pun yang mencari wawasan baru atau mencoba menyampaikan pesan yang berdampak.

  1. Google Digital Garage Untuk Mempelajari Keterampilan Baru
    Ingin menambahkan beberapa alat baru ke kotak peralatan Anda atau meningkatkan keahlian Anda? Atau mungkin Anda hanya ingin belajar bagaimana menjadi lebih produktif.

Google Digital Garage dapat membantu.

Dengan beragam kursus yang mencakup segala hal mulai dari infrastruktur cloud hingga berbicara di depan umum, pemasaran digital hingga pembelajaran mesin, ini dapat membantu Anda menguasai keterampilan baru yang akan bermanfaat bagi bisnis dan karier Anda.

  1. Google Docs Untuk Pembuatan dan Pengeditan Dokumen Online
    Dalam hal kolaborasi waktu nyata pada dokumen dan spreadsheet, Google Documents sangat berguna.

Bagian dari alat G Suite, dihosting secara online, yang memungkinkan banyak pengguna berinteraksi dengan dokumen yang sama pada saat yang bersamaan. Lihat perubahan saat dibuat, simpan secara otomatis, atau dengan mudah kembali ke versi sebelumnya dengan mudah.

  1. Google Domains Untuk Registrasi Domain
    Dengan lebih dari 300 akhiran domain yang dapat dipilih (misalnya, .com, .cafe, .biz), Google Domains menghosting situs Anda di server yang cepat dan aman sambil memberikan dukungan langsung sepanjang waktu.

Ini juga memiliki alat pembuat situs seret dan lepas, kemampuan email profesional, dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan mudah dengan semua alat Google lainnya.

  1. Google Drive Untuk Penyimpanan Dan Berbagi File
    Amankan file penting di cloud atau bagikan dengan siapa pun yang menggunakan Google Drive .

Dengan perlindungan bawaan terhadap malware dan spam, ini memberi Anda cara yang aman untuk menyimpan dan berkolaborasi pada file.

Itu juga menggunakan kemampuan pencarian Google yang kuat, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang Anda cari dalam penyimpanan gratis 15 GB Anda.

  1. Google Font Untuk Keluarga Font Sumber Terbuka
    Penyematan font bisa menjadi masalah bagi webmaster. Jika Anda memilih gaya huruf yang tidak dikenali oleh browser pengguna, ini dapat mengubah teks menjadi berantakan.

Google Fonts menawarkan berbagai pilihan penggunaan gratis dan font yang mudah diakses. Anda memiliki kendali atas kumpulan karakter, sehingga Anda dapat membatasi yang tidak Anda perlukan dan mengurangi waktu pemuatan.

Kualitas bervariasi di antara font yang tersedia, tetapi ada beberapa versi gratis dari tipografi populer yang tersedia, termasuk Monserrat dan Roboto.

  1. Formulir Google Untuk Survei dan Kuesioner Online
    Google Formulir disertakan dalam G Suite gratis, memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan secara otomatis melacak hasil survei dan kuesioner.

Pembaruan waktu nyata memungkinkan Anda melacak respons saat masuk.

Warna, gambar, dan font khusus memungkinkan Anda membuat formulir yang dipoles sesuai merek untuk bisnis Anda.

  1. Google Jamboard Untuk Membuat Papan Tulis Virtual Untuk Ide
    Jamboard adalah papan tulis digital interaktif yang dapat digunakan untuk kolaborasi online melalui Google Workspace.

Itu dapat diakses baik melalui perangkat Jamboard (papan tulis digital 55 inci dengan layanan G Suite tersemat), browser web, atau aplikasi seluler.

Beberapa kolaborator dapat menulis, menggambar, menyeret, dan mengubah ukuran elemen secara bersamaan.

  1. Google Keep Untuk Mencatat
    Apakah Anda mengikuti kelas, ingin mengirim pengingat, atau hanya butuh sesuatu untuk menghilangkan linglung, Google Keep adalah alat gratis lain yang menurut Anda berguna.

Bagian dari G Suite berbasis web, dapat mengekstraksi teks menggunakan pengenalan karakter atau menyalin rekaman suara.

Fungsionalitas kode warna membantu Anda tetap teratur, sementara pin dapat menyimpan item di dekat bagian atas.

Seperti suite berbasis web lainnya, ini dapat digunakan untuk bekerja dengan pengguna Keep lainnya secara real time.

  1. Google Manufacturer Center Untuk Produsen Merek
    Jika Anda memiliki atau melisensikan barang bermerek, Google Manufacturer Center adalah keharusan mutlak.

Selain memungkinkan produsen memberikan informasi produk yang lebih baik dan lebih akurat, ini juga meningkatkan pengalaman belanja online.

Cara yang baik untuk meningkatkan kehadiran Anda di Google, ini memungkinkan Anda menyorot produk Anda di tab Penelusuran dan Belanja.

Analitik komprehensif membantu Anda mengidentifikasi bagaimana kinerja iklan.

  1. Google Meet Untuk Konferensi Video Online
    Salah satu dari dua aplikasi yang dirancang untuk menggantikan Google Hangouts (Chat adalah yang lainnya), Meet adalah jawaban Google untuk Zoom, Facetime, dan Skype.

Penggunaan layanan konferensi video ini tumbuh secara eksponensial selama pandemi COVID-19, sebagian berkat filter peredam bising, audio multi-arah, dan kemampuan berbagi layar.

  1. Google Merchant Center Untuk Pengecer
    Tunjukkan kepada calon pelanggan berapa banyak item yang Anda miliki, baik di toko maupun online, dengan Google Merchant Center .

Dengan beberapa klik, Anda dapat mengunggah data toko dan produk Anda, membuatnya tersedia untuk Google Shopping dan layanan lainnya.

Meskipun Anda tetap harus membayar untuk klik pada iklan Shopping, Merchant Center dapat digunakan secara gratis.

  1. Google Optimalkan Untuk Pengujian Dan Pengoptimalan A/B
    Setiap pemasar yang menghargai garam mereka mengetahui pentingnya pengujian A/B.

Namun yang tidak diketahui banyak dari mereka adalah bahwa Google Optimize (sebelumnya Google Website Optimizer) membuatnya mudah, memberi Anda data yang diperlukan untuk menguji konten di situs web Anda dan mengoptimalkannya untuk pengalaman pengunjung terbaik.

  1. Google Podcast Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pendengar
    Google Podcast Manager memberi podcaster pemahaman mendalam tentang perilaku pendengar, sehingga Anda dapat memahami kebiasaan mendengarkan mereka, melihat kapan mereka mendengarkan atau berhenti, dan bagaimana mereka menemukan Anda – semua informasi yang dapat Anda gunakan untuk memperluas jangkauan Anda.
  2. Google Cendekia Untuk Penelitian Ilmiah
    Anda tidak dapat mempercayai semua yang Anda baca online – itulah internet 101.

Tetapi jika Anda dapat menemukan sumber ilmiah di mana informasi didukung oleh penelitian, ada kemungkinan lebih tinggi untuk dapat diandalkan.

Google Scholar memberi Anda akses ke sejumlah besar database yang berisi akses ke karya akademik dan ilmiah.

  1. Google Search Console Untuk Mengukur Performa Pencarian Website
    Sulit dipercaya bahwa pernah ada waktu ketika webmaster tidak memiliki akses ke informasi tentang status indeks situs mereka, kueri penelusuran, kesalahan perayapan, dan statistik keterlihatan.

Dengan kekuatan Google Search Console , kami menerima begitu saja.

Dikemas dengan segala macam alat yang berguna seperti laporan kecepatan, informasi tentang tautan balik, dan kemampuan untuk mengirimkan peta situs, ini adalah salah satu alat yang harus dimiliki setiap pemilik situs web untuk melacak dan mengukur kinerja.

  1. Google Sheets Untuk Pembuatan Dan Pengeditan Spreadsheet Online
    Spreadsheet: beberapa orang menyukainya, dan banyak orang membencinya. Tetapi setiap bisnis menggunakan mereka.

Google Sheets adalah program spreadsheet mirip Excel berbasis web yang memungkinkan kolaborasi waktu nyata.

Dapat diakses dari komputer dan perangkat seluler, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan rumus dan perhitungan otomatis yang sama dengan program spreadsheet lainnya.

Spreadsheet adalah program gratis lain yang termasuk dalam G Suite.

  1. Situs Google Untuk Pembuatan Situs Web Sederhana
    Bangun wiki terstruktur atau laman web dari awal dengan Google Sites .

Fungsionalitas drag-and-drop memungkinkan Anda membuat seluruh situs tanpa menulis satu baris kode pun.

Gratis untuk digunakan, Sites memungkinkan Anda mengedit halaman web dengan orang lain dan melihat perubahannya saat terjadi.

  1. Google Slides Untuk Pembuatan Dan Pengeditan Presentasi Online
    Siapa bilang Anda membutuhkan PowerPoint untuk membuat presentasi visual?

Google Slides adalah pembuat slideshow online yang dapat digunakan gratis sebagai bagian dari produk G Suite.

Dan seperti hampir semua hal lain dalam daftar ini, ini memungkinkan Anda berkolaborasi dengan pengguna jarak jauh secara waktu nyata dari perangkat apa pun.

  1. Google Pengelola Tag Untuk Mengelola Tag Situs Web
    Perbarui tag dengan cepat dan mudah di situs web Anda dengan Google Pengelola Tag .

Dengan menambahkan segmen kecil kode ke situs web, Anda dapat dengan mudah menerapkan dan mengelola tag analitik dan pengukuran.

Dengan menggunakan penampung, Anda dapat mengganti tag yang dikodekan secara manual dari Ads, Analytics, Floodlight, dan aplikasi pihak ketiga untuk menyederhanakan dan mengotomatiskan konfigurasi.

  1. Google Terjemahan Untuk Terjemahan Cepat Dalam Lebih Dari 100 Bahasa
    Internet telah menciptakan ekonomi yang benar-benar global.

Jadi apa yang Anda lakukan ketika Anda memiliki pelanggan di Jepang, tetapi tidak bisa berbahasa Jepang?

Google Terjemahan untuk menyelamatkan. Dengan lebih dari 100 bahasa yang didukung, ini adalah layanan terjemahan mesin neural yang semakin akurat dari hari ke hari.

  1. Google Travel Untuk Pengaturan Perjalanan Bisnis
    Lupakan mengunjungi beberapa situs untuk memesan penerbangan, menjadwalkan kamar hotel, dan menyewa mobil.

Google Travel memberi Anda seluruh paket perjalanan di satu lokasi.

Ini memungkinkan Anda melakukan segalanya mulai dari membandingkan harga hingga menjelajahi atraksi lokal, semuanya dari kenyamanan satu tab web.

Sempurna untuk perjalanan bisnis, Anda bahkan memiliki opsi untuk menambahkan penerbangan dan reservasi langsung ke kalender Anda.

  1. Google Trends Untuk Menganalisis Popularitas Permintaan Pencarian
    Ingin tahu apa yang dicari orang?

Google Trends menganalisis kueri penelusuran di seluruh wilayah dan bahasa dan menampilkan hasilnya dalam grafik yang mudah dibaca.

Ini adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi tidak hanya apa yang terjadi sekarang tetapi apa yang akan menjadi hal besar berikutnya .

  1. Google Voice Untuk Telepon Dan Layanan SMS
    Ingat ketika orang menggunakan ponsel mereka untuk berbicara? Seperti monster? Anda tidak memerlukan telepon rumah (atau bahkan seluler, dalam hal ini) lagi.

Google Voice adalah layanan telepon dan SMS yang dapat diakses melalui web.

Ini memberi Anda nomor telepon unik untuk digunakan untuk panggilan dan juga menawarkan transkrip pesan suara, salam pesan suara yang dipersonalisasi, dan tarif internasional yang rendah.

  1. Google Web Designer Untuk Membuat Animasi Dan Elemen Interaktif
    Tambahkan beberapa imajinasi ke situs web Anda dan iklan digital dengan animasi dan elemen interaktif yang dibuat menggunakan Google Web Designer .

Program ini memungkinkan Anda membuat video, gambar, dan desain berbasis HTML5 yang menarik untuk bisnis Anda.

Template yang disertakan memberi Anda titik awal yang mudah, sementara alur kerja dinamis memungkinkan Anda membuat iklan yang disesuaikan dengan audiens Anda.

  1. Iklan Waze Untuk Menjangkau Pelanggan Terdekat
    Tingkatkan kunjungan toko dan pikat orang yang lewat dengan Iklan Waze .

Layanan periklanan berbasis lokasi ini benar-benar akan menempatkan bisnis Anda di peta, membantu Anda meningkatkan kesadaran dan menjangkau pelanggan baru.

  1. YouTube Untuk Berbagi Video Dan Promosi
    YouTube tidak lagi hanya untuk video kucing lucu .

Segala jenis bisnis cerdas kini menggunakan properti milik Google ini untuk menjawab pertanyaan pelanggan, mempromosikan kesadaran merek, dan berinteraksi dengan target mereka.

Jika Anda membuat konten berkualitas, langit adalah batas merek Anda di platform video ini .

Sesuatu Untuk Hampir Setiap Kebutuhan
Google lebih dari sekadar mesin pencari. Ini praktis toko serba ada untuk semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda – dan hidup Anda, dalam hal ini.

Dan 39 produk ini hanyalah sebagian kecil dari semua yang ditawarkan Google .

Ada alasan mengapa Google menjadi kekuatan dominan di dunia teknologi – ia memahami kebutuhan dan keinginan pengguna dan kemudian menyediakan alat untuk mengatasinya – lebih sering daripada tidak, gratis.

Dan hal yang benar-benar hebat adalah bahwa Google masih baru memulai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *