AI Untuk Bisnis UKM

seo.or.id – AI Untuk Bisnis UKM , Bagaimana Bisnis Layanan Lokal Kecil Dapat Menggunakan AI Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Mereka?
Berikut ini cara Anda dapat meningkatkan kehadiran online bisnis kecil Anda; gunakan AI untuk menghasilkan konten yang kaya dan relevan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak prospek.

Ketika banyak dari kita mendengar bagaimana AI akan mengubah dunia – khususnya pemasaran digital – pikiran kita (dan terkadang ketakutan) mengarah pada bagaimana organisasi-organisasi besar akan menggunakan mesin untuk melakukan pekerjaan legiun copywriter, desainer, dan kreator konten lainnya.

Perusahaan besar dengan basis pelanggan yang sama besarnya dan kebutuhan konten yang didorong oleh persaingan akan mencari sistem AI yang canggih untuk menghasilkan konten, serta memproses dan menganalisis data agar tetap unggul.

Namun, peluang yang dihadirkan oleh AI tidak hanya untuk perusahaan besar.

Faktanya, bisnis lokal kecil dengan sumber daya yang lebih sedikit dan waktu yang lebih singkat tentu bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa penghematan waktu dan biaya yang ditawarkan oleh solusi AI yang inovatif.

Salah satu aspek yang paling menantang dalam menjalankan bisnis kecil saat ini adalah mengikuti tuntutan pemasaran digital yang sering kali sangat besar, yang dapat menjadi pekerjaan penuh waktu tersendiri.

Mempertahankan kehadiran digital yang kaya, terkini, dan relevan, serta memungkinkan pelanggan yang semakin cerdas untuk terlibat dengan bisnis Anda melalui berbagai saluran, merupakan hal yang diharapkan dan diperlukan untuk bisnis yang ingin berkembang.

Sekali lagi, bagaimana pemilik bisnis kecil dapat memenuhi permintaan yang meningkat di area yang mungkin tidak mereka kuasai?

Masukkan AI sebagai asisten pemasaran digital virtual.

Bagaimana AI Dapat Mendukung Pemasaran Bisnis Kecil?


AI dapat memiliki banyak bentuk, namun dalam hal aplikasi pemasaran, aplikasi yang populer saat ini adalah AI generatif.

Mesin AI, seperti ChatGPT, disebut model bahasa besar, yang secara efektif merupakan algoritme AI yang telah dilatih pada kumpulan data atau konten yang sangat besar untuk memahami, meringkas, dan menghasilkan konten baru saat diminta.

Dengan demikian, AI dapat dengan cepat dan efektif menghasilkan konten tentang hampir semua topik yang tercakup dalam kumpulan data yang telah dilatih.

Situs Web, Blog, dan Konten Sosial


Aplikasi alami pertama dari alat bantu penulisan AI untuk bisnis kecil adalah membuat konten yang edukatif, informatif, atau bermanfaat bagi pengunjung situs web, pengikut sosial, dan mesin pencari.

AI Untuk Bisnis UKM


Konten masih menjadi raja dalam hal membangun otoritas online, dan salah satu cara untuk menonjol dari pesaing Anda adalah dengan membuat lebih banyak konten yang lebih baik yang ingin dibaca, disukai, dan dibagikan oleh audiens Anda.

Kami telah menetapkan bahwa AI dapat menghasilkan konten tentang topik apa pun yang Anda inginkan, dan untuk sebagian besar bisnis lokal kecil, kebutuhan pelanggan mereka relatif konsisten.

Kunci untuk mendapatkan konten yang dihasilkan AI yang berkualitas dan menarik adalah kualitas petunjuk yang diberikan.

Permintaan yang terstruktur dengan baik dapat menghasilkan postingan blog, artikel panduan, bagian FAQ, halaman web, atau postingan media sosial, yang mungkin hanya membutuhkan sedikit perubahan dan personalisasi agar siap untuk audiens Anda.

Jika tidak, Anda dapat meminta kembali AI untuk versi yang lebih baik, dan seiring waktu, AI akan terus belajar dan menghasilkan konten yang lebih baik dan lebih sesuai.

Namun, untuk memperjelas, langkah meninjau dan mengedit konten untuk memastikan keunikannya tidak boleh dilewati.

AI dikenal “berhalusinasi”, yang merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa AI memiliki kebiasaan untuk menjadi tidak akurat pada suatu waktu, sehingga semua pekerjaan harus diperiksa keakuratannya.

Juga sangat penting untuk memastikan produk akhir yang dihasilkan adalah produk yang manusiawi, karena terkadang teks bisa terdengar canggung atau formal. Anda juga harus memastikan bahwa konten tersebut mencerminkan merek Anda, dan menjadi milik Anda sendiri dengan menambahkan ciri khas Anda – baik dengan menyisipkan sudut pandang anekdot, nada, atau tautan ke konten lain yang relevan yang telah Anda buat atau kurasi.

Komunikasi Langsung dengan Pelanggan

Selain konten yang dibuat oleh bisnis untuk dibagikan secara massal melalui situs atau sosial, ada juga kampanye langsung ke konsumen yang dirancang untuk mempromosikan, mengedukasi, atau menginformasikan.

Meskipun ini mungkin singkat, dalam bentuk email atau pesan SMS, masih ada waktu yang diperlukan untuk mengembangkan ide kampanye dan mengirimkan konten yang dihasilkan kepada audiens target. AI dapat membantu dalam kedua tahap proses tersebut.

Pertama, AI dapat diminta untuk memberikan daftar topik atau ide yang menjadi dasar kampanye.

Sebagai contoh, saya meminta ChatGPT untuk “Memberikan saya daftar promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan pipa lokal untuk meningkatkan pendapatanā€¦”

Asisten pemasaran virtual AI dengan cepat menjawab dengan daftar saran yang ringkas:

“Tentu saja! Berikut adalah beberapa promosi yang dapat dijalankan oleh perusahaan pipa lokal kecil untuk meningkatkan pendapatan , dilansir dari seo agency seo.or.id :

  • Paket Pemeliharaan Musiman: Tawarkan paket diskon untuk layanan pemeliharaan pipa musiman, seperti pembersihan saluran air, pemeriksaan pemanas air, atau deteksi kebocoran. Promosikan paket ini selama waktu-waktu tertentu dalam setahun ketika pemilik rumah biasanya fokus pada pemeliharaan rumah.
  • Diskon Pelanggan Baru
  • Program Hadiah Loyalitas
  • Paket Bundel
  • Program Rujuk Teman
  • Penawaran Waktu Terbatas
  • Penawaran Eksklusif Media Sosial
  • Diskon Warga Senior atau Militer
  • Langganan Paket Pemeliharaan
  • Diskon Mitra
  • Jangan lupa untuk mengiklankan promosi Anda melalui berbagai saluran, termasuk situs web, media sosial, iklan lokal, dan surat langsung, untuk memastikan visibilitas dan jangkauan maksimum. Pantau efektivitas setiap promosi dan sesuaikan strategi Anda berdasarkan respons pelanggan dan pertumbuhan pendapatan.”

Kemudian AI dapat dipanggil lagi untuk menyarankan pesan itu sendiri. Saran yang terstruktur dengan baik untuk pesan pemasaran dapat mempertimbangkan salah satu atau semua hal berikut ini:

Jenis pesan: Promosi, pengumuman, undangan, ucapan, ucapan terima kasih, edukasi, informasi, dll.
Layanan atau Produk yang akan disebutkan: Untuk jenis pesan yang sesuai.
Kata-kata spesifik yang akan disertakan: Penawaran yang disorot, diskon, spesial, dll.
Kata-kata spesifik yang harus dikecualikan: Nama pesaing, referensi produk alternatif yang tidak diinginkan.
Informasi penargetan demografis: Jenis kelamin, usia, status pernikahan, dll.
Nada penulisan: Percakapan, ramah, informatif, profesional, ramah, jenaka, dll.
Perspektif penulisan: Orang pertama atau ketiga.
Seperti yang telah disebutkan, semakin rinci perintah yang diberikan kepada AI, semakin akurat dan efektif respons yang dihasilkan.

SEO dan Pencarian Berbayar
AI adalah jantung dari SEO, sejauh ini algoritma AI telah mendukung Google dan mesin pencari lainnya selama bertahun-tahun.

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan teknologi yang sama untuk menghemat beberapa langkah dalam membuat konten terstruktur yang dicari oleh mesin pencari?

Bagi pemilik bisnis kecil atau karyawan yang memiliki waktu dan pengetahuan untuk menangani masalah situs web mereka sendiri, AI generatif untuk SEO dapat digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci dan konten, membuat judul halaman, deskripsi meta, atau aspek pengoptimalan situs yang lebih canggih.

Tidak mengherankan, AI sudah ada di banyak platform iklan berbayar dan menjadi dasar dari layanan seperti Google Ads, dengan konten yang secara otomatis direkomendasikan atau dibuat berdasarkan konten yang sudah ada dan/atau kinerja sebelumnya.

Pengiklan, baik besar maupun kecil, mendapatkan keuntungan dari pengetahuan gabungan dari kampanye satu sama lain.

Dukungan Situs Web
Chatbot situs web telah menjadi hal yang biasa untuk beberapa waktu sekarang. Namun, AI membuka pintu ke tingkat chatbot yang baru, yang akan dapat berinteraksi dengan pengunjung situs web Anda dengan lebih lancar dan, lebih tepatnya, mengekstrak informasi yang mereka cari.

Sama seperti AI LLM yang dilatih untuk menjelajahi dan menafsirkan konten dalam jumlah besar di web, mereka juga dapat dilatih untuk membuat katalog sudut kecil Anda, yaitu situs web Anda yang berisi semua detail penting tentang produk, layanan, dan praktik bisnis Anda.

Jika pengunjung situs mengalami hambatan atau mengajukan pertanyaan yang belum dilatih oleh bot atau tidak memiliki konten yang diperlukan untuk memberikan jawaban, sistem pintar akan memungkinkan pelanggan untuk meneruskan pertanyaan mereka melalui saluran lain seperti SMS atau email.

Pemikiran Masa Depan

Konten berbasis teks yang dihasilkan AI hanyalah puncak gunung es, karena kita juga telah melihat gambar realistis foto yang dihasilkan oleh sistem seperti DALL-E2 dan Midjourney berdasarkan petunjuk bahasa sederhana, sementara video skala penuh tidak jauh di belakang.

Di sini pun, potensi untuk menciptakan konten bisnis yang menarik adalah nyata.

Di luar konten, AI menawarkan janji untuk mengotomatiskan personalisasi dan optimalisasi konten – sehingga konten yang tepat diberikan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat, yang telah lama menjadi modus operandi Google.

baca juga

Kecuali sekarang, tidak hanya Google dan mesin pencari yang dapat memberikan konten yang disesuaikan ini. Solusi AI sumber terbuka membuka pintu ini untuk semua orang.

Solusi seperti analisis prediktif akan memungkinkan pemasar bisnis kecil untuk tetap menjadi yang terdepan, membangun dan mengotomatisasi taktik yang telah berhasil sebelumnya dan mengabaikan yang tidak.

Tapiā€¦ AI hanyalah sebuah alat
Sekarang, sebanyak apapun potensi yang ditawarkan AI dalam hal penghematan waktu dalam pembuatan konten, AI tidak boleh dilihat sebagai pengganti penuh penulis atau editor manusia.

Karena konten yang dihasilkan oleh AI didasarkan pada konten yang telah dibuat, tentu saja ada risiko banyak kesamaan yang dihasilkan karena beberapa kreator mempublikasikan konten ini secara kata demi kata.

Sebuah artikel baru-baru ini di Washington Post dengan tepat menunjukkan hal ini:

“Para ahli mengatakan bahwa AI yang canggih sekalipun tidak dapat menyamai kemampuan menulis manusia: AI tidak memiliki suara dan gaya pribadi, dan sering kali memberikan jawaban yang salah, tidak masuk akal, atau bias. Namun bagi banyak perusahaan, pemangkasan biaya sebanding dengan penurunan kualitas.”

Hal ini bukanlah hal yang ingin didengar oleh audiens atau Google. Akan semakin penting untuk mengambil apa yang ditawarkan oleh AI dan mengembangkannya, dengan menambahkan suara, perspektif, dan anekdot unik Anda sendiri.

Google tetap berkomitmen pada prinsip E-E-A-T (Pengalaman, Keahlian, Otoritas, Kepercayaan) sebagai faktor peringkat konten utama. E-E-A-T adalah hal yang perlu ditambahkan oleh pemilik usaha kecil ke dalam apa yang dapat diberikan oleh AI sebagai titik awal.

Kesimpulannya
Pemasaran digital yang didukung AI menawarkan peluang luar biasa bagi bisnis lokal kecil untuk meningkatkan kehadiran online mereka dengan menghasilkan konten yang kaya dan relevan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak prospek.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi revolusioner ini, bisnis perlu memahami tantangan mereka, menetapkan tujuan yang terukur, mengembangkan strategi, dan terus memantau dan mengoptimalkan kinerja mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top