Beginilah Cara Mengoptimalkan SEO Pada WordPress

uqwo.com – Beginilah Cara Mengoptimalkan SEO Pada WordPress , Bagi Anda pengguna WordPress tentunya akan mencari tahu bagaimana cara mengoptimalkan SEO. WordPress memang menjadi pilihan para pebisnis karena pengoperasiannya yang mudah khususnya bagi para pemula.

Bahkan banyak yang berpendapat bahwa WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sangat SEO Friendly sehingga banyak website yang menggunakan ini.

Seperti diketahui bahwa website akan memiliki banyak pengunjung jika berada di halaman utama. Untuk berada di peringkat paling atas, maka harus memaksimalkan optimasi SEO.

SEO pada website juga akan membantu meningkatkan traffict pada bisnis Anda. Baik itu untuk berjualan online maupun layanan jasa. Trend bisnis online sekarang ini semakin banyak.

Salah satu CMS yang mampu mendukung SEO adalah WordPress. Hal ini karena WordPress memiliki kolom-kolom yang mewajibkan pengguna untuk mengisinya. Tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari menyeleksi konten melalui beberapa poin yang nantinya akan ditempatkan pada posisi paling atas di halaman utama mesin pencari.

Kualitas konten yang bagus akan sangat berpengaruh terhadap SEO. Selain itu juga akan memudahkan orang lain menemukan website Anda di halaman pencarian.

Tentu saja hal ini tak lepas dari bantuan optimasi SEO. Dalam setiap website tentunya memiliki optimasi SEO yang berbeda-beda. Akan tetapi agar website mampu berada di halaman utama, Anda perlu melakukan optimasi lebih demi semakin berkembangnya WordPress Anda.

SEO Pada WordPress
SEO Pada WordPress

Bagaimana cara mengoptimalkan SEO pada WordPress?

Alogaritma mesin pencari selalu memiliki kriteria tersendiri tentang bagaimana website mampu berada di posisi paling baik di halaman pencarian. Bagi pengguna wordpress dianggap lebih mudah untuk optrimasi SEO karena memang sudah tersetting secara otomatis. Hanya saja Anda memerlukan trik khusus agar SEO pada wordpress semakin optimal.

Berikut beberapa trik untuk mengoptimalkan SEO pada WordPress;

1.Menginstal Plugin SEO WordPress

Bagi pengguna website, tentunya sudah tidak asing dengan banyaknya plugin bawaan yang sudah tersadia. Akan tetapi, untuk mengotimalkan website, Anda perlu menambahkan Plugin terbaik dari SEO yang mampu meningkatkan pencarian di mesin pencari.

Salah satu Plugin yang WordPress yang paling banytak digunakan dan memberikan dampak yang luar biasa untuk meningkatkan rangking adalah Yoast SEO.

Yoast SEO menawarkan beberapa fitur yang nantinya akan memudahkan mesin pencari dalam memantau website melalui kata kunci yang optimal.

Dengan adanya Plugin ini Anda juga bisa membuat sitemap XML dan menambahkannya ke website. Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress dalam berbisnis, maka akan lebih mudah bersaing dengan website lainnya jika menginstal Plugin yang satu ini.

2.Memaksimalkan pencarian kata kunci

WordPress merupakan CMS yang memudahkan pemula yang ingin membuka bisnis online. Meski begitu Anda harus mencari kata kunci yang tepat agar produk atau layanan yang Anda tawarkan lebih mudah dijangkau orang lain. Mencari kata kunci yang tepat tentunya bukan hal yang sulit.

Jika memang Anda kurang yakin dengan kata kunci yang Anda pilih, maka Anda bisa menggunakan alat bantu mencari kata kunci seperti SEMRush, KWFinder dan masih banyak lagi.

Dengan memaksimalkan kata kunci maka akan lebih mudah memahami kebutuhan pasar dan apa saja yang diinginkan oleh pengunjung. Kata kunci yang tepat juga akan memudahkan mesin pencari menempatkan website berada di halaman utama, yang mana akan meningkatkan pengunjung website dan menaikkan traffict.

3.Mengintegrasikan ke Google Analytic

Meningkatkan website tanpa mengintegrasikan ke Google Analytic adalah hal yang sia-sia. Ini merupakan sebuah alat pemantau yang akan membantu Anda dalam menampilkan sejauh mana strategi SEO yang sudah Anda gunakan selama ini. Tool yang satu ini juga mudah digunakan. Di sini akan melihat bagaimana lalu linta pada WordPress dan bisa menjangkau pengunjung Anda melalui lokasi, umur, apa minat mereka dan masih banyak lagi.

SEO Pada WordPress
SEO Pada WordPress

4.Memeriksa link URL

Pada umumnya mesin pencari akan lebih mudah menemukan link URL yang mengandung kata kunci. Namun sayangnya masih banyak penggguna WordPress yang kurang memperhatikan link URL.

Mereka cenderung tidak membenahi lagi URL link yang ada di pengaturan dan membuat link rusak, hasilnya Google akan kesulitan menemukan link website Anda. Agar optrimasi SEO lebih maksimal, Anda perlu melakukan edit pada link dan menyertakan kata kunci untuk memudahkan dalam pencarian.

5.Memilih ukuran gambar yang tepat

Pada WordPress tentunya sudah dilengkapi dengan kolom untuk melakukan optimasi gambar. Memilih gambar untuk menunjang bisnis ternyata tidak boleh sembarangan dalam memasukkannya. Anda harus mencari tahu ukuran gambar yang sesuai untuk WordPress.

Tekni SEO sudah memberikan arahan bahwa ada ukuran gambar tertentu agar lebih mudah dijangkau oleh mesin pencari. Selain ukuran gambar, jangan lupa untuk menyelipkan kata kunci pada deskripsi gambar. Cara ini akan memudahkan gambar produk Anda memiliki jangkauan yang lebih luas.

6.Memanfaatkan internal link

Banyak yang tidak paham dengan dahsyatnya internal link ini. Selain memudahkan pengunjung dalam mencari artikel yang relevan dengan yang sedang dibaca, internal link juga mampu meningkatkan traffic dan membuat webiste lebih mudah dijangkau. Internal link juga merupakan salah satu strategi untuk mengoptimalkan SEO WordPress.

Semakin banyak link relevan yang Anda masukkan, maka peluangnya akan semakin besar dalam menempati halaman utama di mesin pencari.

Tak hanya internal link, eksternal link pun juga akan membantu Anda dalam meningkatkan website. Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan dalam memasukkan eksternal link adalah, pilihlah yang memiliki reputasi bagus sehingga akan memberikan dampak yang bagus untuk website Anda.

SEO Pada WordPress
SEO Pada WordPress

7.Memaksimalkan adanya Meta Deskripsi

WordPress merupakan pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan SEO. Hal ini karena sudah dilengkapi dengan kolom yang memudahkan Anda untuk optimasi.

Salah satunya adalah dengan memaksimalkan meta deskrips. Anda bisa menuliskan meta deskripsi secara singkat dan mengandung inti dari apa yang Anda jual.

Jika terlalu panjang dalam menuliskan meta deskripsi, maka akan ada peringatan. Tentu ini akan memudahkan pengguna WordPress yang ingin memaksimalkan SEO. Sertakan kata kunci pada meta deskripsi agar dapat dijangkau dengan mudah oleh mesin pencari.

baca juga

8. Mengoptimalkan website untuk pengguna Mobile

Berdasarkan penelitian yaang dilakukan oleh pakar SEO , mereka menyarankan bahwa dalam membuat website sebaiknya juga mengoptimalkan untuk pengguna Mobile. Hal ini karena hingga saat ini orang lebih menggunakan Smartphone untuk mencari informasi.

Agar terintegrasi dengan pengguna Handphone, maka pilihlah tema yang tepat. Yang dialami kebanyakan pemilik website adalah, mereka tidak mengoptimalkan website mereka untuk pengguna Handphone sehingga kehilangan banyak pengunjung.

Mengoptimalkan SEO WordPress tentunya tidak serumit yang dibayangkan. Yang terpenting adalah Anda selalu konsisten dan banyak belajar karena selalu ada teknik SEO baru yang berguna untuk meningkatkan website Anda. Belajar SEO akan selalu ada hal baru. Meski begitu jangan melupakan dasar-dasar SEO sebagai modal utama dalam meningkatkan website.

Leave a Comment

Your email address will not be published.