Implementasi Cloud Computing untuk Bisnis Anda

seo.or.id Implementasi Cloud Computing untuk Bisnis Anda , Saat ini hampir 97% dari perusahaan baik yang besar, sekaligus sedang dan kecil memanfaatkan teknologi cloud. Meskipun beberapa mungin tidak menyadari bahwa sudah mulai menggunakan teknologi ini. Misalnya penggunaan Google Docs untuk saling kolaborasi dan menyimpan file dokumen. Google Docs merupakan salah satu teknologi cloud yang sudah banyak digunakan.

Jika Anda sudah merasakan sendiri bagaimana kemudahan teknologi seperti Google Cloud, Anda sebenarnya sudah mulai merasakan bahwa teknologi cloud merupakan solusi yang memudahkan bisnis Anda.

Teknologi cloud menjadi solusi untuk mengurangi biaya pemanfaatan teknologi, Anda tak perlu lagi membangun komputer atau data center sendiri, membeli lisense dan menginstall aplikasi-aplikasi di komputer, minyimpan data dan bertukar menggunakan hardisk. Semua bisa diakses dengan mudah dengan teknologi cloud. Menghemat biaya sebab semua bisa diakses melalui internet di mana saja dan kapan saja.

Jika Anda akan mengimplementasikan dan mengembangkan teknologi cloud di bisnis, artikel ini akan memberikan informasi lengkap terkait hal tersebut. Tentang layanan apa yang bisa Anda gunakan di teknologi cloud, proses adopsi, dan cara memilih penyedia layanan cloud terbaik.

 Tipe layanan teknologi cloud yang dapat bisnis Anda gunakan

Teknologi cloud computing menyediakan akses data dan aplikasi yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki koneksi internet. Kemudahan, mobilitas, dan fleksibiltas membuat semakin banyak perusahaan dan bisnis yang melakukan migrasi teknologi.

Untuk memulai menerapkan terknologi ini, ada tiga jenis tipe layanan cloud yang dapat Anda pilih sebagai pemilik bisnis, yaitu public, private, atau hybrid.

Public Cloud

Jenis cloud ini merupakan platform eksternal yang dibangun oleh penyedia layanan cloud. Anda dapat menggunakan layanan cloud dengan infrastruktur bersama-sama dengan penyewa lain. Semua proses di handle oleh perusahaan yang memang sudah spesialis di bidang layanan cloud computing. Jenis ini cocok untuk perusahaan atau bisnis yang mementingkan efektifitas biaya dan fleksibilitas.

Private Cloud

Jenis ini artinya platform teknologi cloud dibangun secara internal di perusahaan dengan hardware dan software miliki sendiri. Semua di atur dan dikelola oleh tim IT internal yang juga membangun data centernya sendiri. Pilihan ini cocok untuk perusahaan yang ingin memiliki kontrol penuh dan akses eksklusif.

Hybrid Cloud

Hybrid adalah gabungan antara public dan private untuk mendapatkan kedua keuntungannya dalam satu implementasi. Hybrid cloud memiliki bagian dari infrastruktur atau platform yang dimiliki internal, namun sebagian juga diserahkan ke penyedia layanan cloud di luar perusahaan. Jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin mengelola data costumernya atau data yang sensitif serta penting secara internal. Sementara urusan dan bagian umum lain diserahkan ke penyedia layanan cloud.

Di antara ketiga jenis teknologi cloud tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai pemilik perusahaan Anda perlu memperhatikan satu hal paling penting yaitu keamanan data.

Jika memilik public cloud, akses keamanan Anda biasanya dapat dilakukan dengan username dan password. Ketika memilih jenis ini Anda perlu memastikan ada proses verifikasi lain serta kemanaan berlapis sebagai prioritas utama.

 Umumnya demi alasan keamanan perusahaan banyak menggunakan jenis private dan hybrid karena diyakini lebih aman. Namun ini juga bergantung pada kemampuan tim IT menyediakan sistem yang aman di platform internal.

 Meningkatkan bisnis dengan teknologi cloud

Pemanfaatan teknologi cloud dimulai ketika penyimpanan data di komputer personal di pindahkan ke sistem penyimpanan yang terorganisasi di internet. Teknologi ini dapat meningkatkan kesempatan berkembang pada sebuah bisnis menjadi lebih besar dengan segala kelebihan yang dimilikinya, dari mulai efisiensi, biaya yang bisa ditekan, kemudahan kolaborasi, mobilitas, dan konektifitas dengan kecepatan tinggi.

Implementasi Teknologi cloud

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam menerapkan teknologi cloud, anda perlu memperhatikan beberapa hal dari mulai tipe yang akan diterapkan, platform, dan penyedia layanan. Berikut tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengimplementasikan teknologi cloud computing:

Biaya

Proses migrasi dari teknologi yang konvensional biasa digunakan menuju ke teknologi cloud membutuhkan biaya yang cukup besar diawal. Meskipun memang pada akhirnya untuk kedepannya Anda dapat menekan biaya dan pengeluaran perusahaan setelah teknologi ini berhasil diimplementasikan. Biaya awal ini diibaratkan sebagai investasi yang kedepan akan siap Anda petik hasilnya dengan memuaskan

Strategi migrasi

Salah satu hal penting dari mengimplementasikan teknologi cloud adalah proses migrasi. Anda membutuhkan strategi yang jitu untuk proses ini, dari mulai harus memindahkan data, memprioritaskan mana yang didahulukan, hingga perlu melakukan training ke karyawan Anda.

Proses membangun dan mengimplementasikan teknologi cloud membutuhkan usaha, biaya, dan energi yang tidak kecil. Sehingga penting untuk menentukan dari awal strateg yang dapat mengembangkan bisnis dan memberikan manfaat optimal ke perusahaan Anda.

baca juga

Bagaimana cara memilih penyedia layanan cloud

Saat ini banyak sekali penyedia layanan cloud yang tersebar di pasar. Namun sebagai pemillik perusahaan tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik bukan? Untuk itu ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih penyedia layanan cloud.

  1. Pastikan penyedia layanan cloud memiliki kemampuan dan bahkan sertifikasi yang relevan terkait layanan cloud computing. Salah satu yang perlu diperhatikan tentu tentang keamanannya. Untuk cek hal tersebut Anda dapat memerika apakah mereka sudah  menggunakan standar dan memiliki sertifikasi ISO 27001 atau belum.
  2. Sangat penting untuk melihat konsistensi mereka memberikan layanan dan menyediakan arsitektur dan environment untuk layanan cloud yang diberikan. Pastikan apa yang dijanjikan di awal tetap sama selama proses kerjasama dalam implementasi teknologi cloud. Anda juga bisa melihat dari keberhasilan dan review pengguna dan pelanggan sebelumnya.
  3. Ketahui standar penyedia layanan teknologi cloud dalam pengelolaan data. Jangan segan untuk bertanya di mana saja lokasi data center dan bagaimana mereka melindungi data Anda. Ini penting untuk Anda ketahui sebagai bentuk antisipasi ketika ada kemungkinan serangan cyber attack atau bencana.
  4. Perhatikan betul kesepakatan yang dibuat di awal. Beberapa penyedia layanan cloud memberikan aturan yang membatasi pelanggan mengubah arsitektur sesuai kebutuhan, atau melakukan migrasi data ke tempat lain. Istilah ini biasa disebut vendor lock-in. Aturan ini awalnya mungkin bisa diabaikan, tapi kedepan ketika sistem berkembang biasanya akan jadi hambatan sebab membuat pelanggan harus terikat penuh ke vendor.


Oleh karena itu penting juga untuk benar-benar memahami kesepakatan dan mengkalrifikasi kepada vendor terkait perkembangan yang mungkin terjadi kedepan.

            Keempat hal di atas bisa menjadi bantuan Anda untuk menentukan vendor terbaik yang dapat mendukung proses migrasi dan implementasi teknologi cloud di perusahaan Anda. Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena dari awal kurang teliti dan tidak melakukan pengecekan dengan detail saat memilih penyedia layanan cloud.

Leave a Comment

Your email address will not be published.