Keuntungan menggunakan google AMP

seo.or.id Keuntungan menggunakan google AMP , Ingin mengetahui sebenarnya seberapa bermanfaat menerapkan AMP untuk website Anda? Apakah itu berpengaruh terhadap bisnis Anda?

Tak perlu mencari-cari lagi, kali ini kami akan mengulas lengkap bagaimana keuntungan memanfaatkan teknologi AMP di situs website Anda.

Bagi yang belum tahu, AMP merupakan salah satu teknologi yang diinisiasi untuk meningkatkan pengalaman berselancar di dunia internet ketika menggunakan perangkat mobile, seperti tablet, smartphone, atau yang lain.

Teknologi AMP dapat memberikan kecepatan dan akses secara instan pada website Anda sehingga orang tak perlu lagi menunggu loading lama. Saat ini sudah banyak sekali brand besar yang memanfaatkan teknologi ini untuk diterapkan di situs websitenya.

Sebenarnya mengapa brand-brand besar memanfaatkan teknologi ini tak lepas dari keuntungan yang didapat ketika menggunakan teknologi AMP. Apa saja keuntungannya, berikut beberapa kami jabarkan.

Keutungan menggunakan Accelerated Mobile Pages

Mengikuti algroitma Google dan kebutuhan pengguna mobile phone

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat ketika memanfaatkan teknologi AMP. Salah satu keuntungan adalah kemampuan website mengikuti update algoritma mobile friendly yang kedepan akan lebih banyak dilakukan oleh Google.

Seiring dengan banyaknya pengguna mobile phone, sebuah kewajiban bagi pemilik situs website bisa menyesuaikan situsnya dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Tentu semua dilakukan agar website Anda tetap unggul dan tidak ditinggalkan pengunjung. 

Jika beberapa waktu lalu situs mobile friendly gencar dengan teknik Responsive Web Design, untuk AMP ini sebenarnya berbeda dari pendahulunya tersebut. Sama-sama mobile friendly, namun lebih cepat lagi dengan kode turunan dari HTML dan beberapa ekstensi tambahan.

Kecepatan

Tak diragukan lagi, urusan kecepatan sudah menjadi kebutuhan pokok dari setiap orang saat ini. Apalagi jika terkait dengan presentasi konten dalam perangkat mobile.

Menggunakan AMP dapat membuat halaman situs website anda 15% hingga 85% lebih cepat daripada halaman website biasa. Kecepatan inilah yang dibutuhkan oleh pengguna mobile phone.

Dengan sifatnya yang mobile, pengunjung dari perangkat mobile biasanya hanya memiliki batas perhatian sekitar lima detik, jika website Anda tidak bisa menampilkan waktu kurang lebih dalam waktu itu, fokus pengunjung akan beralih dan akan meninggalkan situs Anda tanpa melakukan apapun.

Dengan kecepatan yang ditawarkan oleh situs dengan AMP, maka kebutuhan pengunjung Anda akan terpenuhi. Anda juga tidak akan kehilangan pengunjung.

Kemudahan Akses

Poin keuntungan ini sebenarnya mirip dengan bagian kecepatan, tapi secara khusus kemudahan akses juga memberikan kelebihan tersendiri bagi pengguna AMP. Dengan kemampuan rata-rata atensi pengunjung yang berkisar hanya 5 detik, Anda dituntut untuk menyajikan sesuatu yang mudah diakses dan sesuai kebutuhan.

Dengan adanya AMP Anda akan mendapatkan situs yang sangat mudah digunakan dengan aksesbilitas yang tinggi. Ditambah kecepatan, situs website Anda dapat menyajikan konten yang secara cepat bisa segera dibaca oleh pengunjung, dan bisa membuat mereka cepat mengambil keputusan.

Inovasi di situs Anda

Inovasi merupakan salah satu keuntungan penting ketika memanfaatkan AMP di situs website Anda. Dengan segala penawaran kemudahan serta kecepatan yang diberikan, mungkin Anda menjadi yang pertama di bidang bisnis Anda yang menggunakan AMP.

Oleh pengunjung pun situs Anda dinilai penuh inovasi, dimana itu menjadi nilai lebih dimata calon pelanggan. Sehingga secara tak langsung menerapkan teknologi AMP di situs website dapat meningkatkan posisi brand Anda sebagai inovator.

Pengalaman baru bagi pengunjung

AMP memberikan pengalaman baru bagi pengunjung situs Anda. Pengalaman atau biasa disebut user experience ini merupakan salah satu kunci penting  bagi pengguna perangkat mobile.

 Apalagi dengan desain yang lebih bersih dan modern khas dari AMP. Pengunjung dari perangkat mobile mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan hanya fokus ke kontennya saja selama mengunjungi situs AMP Anda.

Kemudahan distribusi konten

Menggunakan situs dengan teknologi AMP dapat meningkatkan kemudahan dan kecepatan distribusi konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Konten website yang biasanya hanya optimal dibuka di perangkat pc atau laptop, kini bisa sekaligus didistribusikan untuk pengguna mobile phone, dengan optimasi yang optimal.

Perkembangan trafik dan peringkat SEO

Dengan kecepatan dan kemudahan akses yang diberikan oleh AMP, maka otomatis membuat waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman menjadi lebih kecil. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap SEO situs website Anda, apalagi Google juga sangat mendukung insisiasi pemanfaatan AMP di situs. Sehingga ini akan mempengaruhi  secara positif posisi situs Anda di kolom pencarian.

Tingkat Bounce yang rendah dan waktu yang lebih lama di situs website

Situs yang dapat diakses secara cepat dan menyajikan konten yang pas memberikan pengalaman yang menyenngkan bagi pengunjung Anda. Hal tersebut membuat orang akan betah berlama-lama di situs website dengan AMP yang Anda miliki.

Menurut data penelitian dari Google, 53%  pengunjung website akan pergi dari situs mobile yang membutuhkan waktu lama sekitar lebih dari 3 detik untuk memuat kontennya.

Jika Anda menerapkan AMP di situs Anda, maka Anda akan melihat angka bounce rate yang rendah sebab situs Anda menjadi lebih cepat diakses.

Meningkatkan potensi iklan dilihat pengunjung

Pada situs AMP, kode bahasa digunakan untuk meningkatkan kecepatan load. Banner dan gambar juga dibuat semaksimal mungkin agar terlihat lebih jelas, tampilan halaman juga dibuat sebersih mungkin agar load lebih cepat.

Hal tersebut membuat kesempatan Anda jika memasang iklan di website AMP akan menjadi lebih besar dilihat oleh pengunjung. Sehingga membuat kemungkinan keberhasilan dalam memonetasi website Anda.

Meningkatkan CTR (Click- Through Rate)

Satu keuntungan besar ketika menggunakan AMP adalah tampilnya halaman di Top Google Search Stories secara carousell. Bagi pengguna perangkat mobile, tampilan carousel ini ada di posisi paling atas hasil pencarian, sehingga membuat pengunjung otomatis melakukan klik di konten tersebut.

baca juga

Menghemat sumber daya server

Memanfaatkan teknologi AMP akan membuat server Anda tidak kepayahan menerimia request terutama dari pengunjung pengguna perangkat mobile. Sebab data situs AMP didapatkan dari server Google. Sehingga Anda dapat menghemat sumber daya server Anda sendiri.

Itulah keunggulan dari memanfaatkan teknologi AMP di situs website Anda. Meskipun memiliki banyak keuntungan, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan seperti misalnya jika Anda mengunakan situs dengan AMP maka konten video biasanya akan jadi lebih lama dimuatnya alias slow-loading. Selain itu pembuatan AMP ini juga termasuk cukup sulit bagi mereka yang bukan developer atau programmer. Selain itu widget dan fitur yang didukung juga sangat sedikit sebab memang hanya berfokus pada konten yang cepat dan bersih.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan AMP memiliki keunggulan khusus jika digunakan untuk meningkatkan performa situs website Anda.

Bagaimana sudah dapat memastikan kapan akan menambahkan teknologi AMP ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.