Mengapa Harus Menggunakan Teknologi Cloud

uqwo.com Keunggulan dan Alasan Mengapa Harus Menggunakan Teknologi Cloud , Teknologi cloud sudah hadir sejak dua dekade ini, ketika pertama kali muncul di awal tahun 2000an. Konsep yang ditawarkan teknologi ini memang sangat menarik dan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis.

Dari sisi biaya, teknologi cloud dapat memberikan keuntungan sebab biaya yang lebih rendah dibanding membangun sebuah infrastruktur sendiri.

Menurut data dari International Data Group, sebanyak 69% bisnis saat ini sudah menggunakan teknologi cloud, sementara 18% sudah berencana menerapkan teknologi ini. Data dari Dell menyatakan perusahaan yang menginvestasikan pada teknologi cloud, big data, mobility dan keamanan sistem dapat menikmati kenaikan pendapatan hingga 53%.

Data dari penelita tersebut menunjukan bahwa menerapkan teknologi pada bisnis dan industri dapat meningkatkan pendapatan. Selain itu tentu saja dapat membuat proses kerja menjadi lebih efisien.

Keunggulan menggunakan teknologi cloud computing

Cloud computing saat ini memang sudah makin meluas dan berkembang. Hadirnya teknologi ini menjawab kebutuhan individu maupun bisnis yang cukup kesulitan untuk menyimpan informasi penting baik berupa data, sistem, aplikasi pada komputer servernya sendiri. Dari mulai tuntutan untuk perawatan dan update yang biayanya tidak mudah. Belum lagi menjaga kemanan datanya yang bisa dibobol sewaktu-waktu.

Hadirnya teknologi cloud memberikan jawaban terhadap masalah tersebut. Teknologi ini membuat orang bisa fokus terhadap proses bisnis dan mempercayakan penuh terkait server, aplikasi, dan segala perawatannya kepada layanan cloud.

Mengapa Harus Menggunakan Teknologi Cloud

Secara lebih lengkap kami akan bagikan keunggulan lain secara detail mengapa Anda perlu menggunakan teknologi cloud, baik untuk individu maupun bisnis.

Penghematan Biaya

Mungkin saat ini Anda cukup khawatir dengan harga yang harus dibayarkan ketika harus melakukan migrasi ke teknologi cloud. Namun Anda perlu mengingat bahwa banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan memanfaatkan teknologi ini.

Jangan terbuai dengan harga awal yang memang cukup besar, namun perhatikan bagaimana bisnis Anda dapat ROI jika memanfaatkan teknologi cloud dengan segala kelebihannya. Apalagi saat ini banyak vendor penyedia layanan cloud yang menawarkan paket pembayaran sesuai yang Anda butuhkan, jadi bisa lebih efisien dalam pemanfaatan biaya dan fiturnya.

Fleksibel

Jika fokus dan konsentrasi Anda saat ini harus terpecah dengan kebutuhan solusi IT, komputer dan masalah-maslaah data penyimpanan, sepertinya memang teknologi cloud sangat tepat untuk digunakan.

Menyerahkan masalah tersebut kepada ahlinya ke penyedia layanan cloud dapat membuat fokus Anda bisa kembali ke hal-hal penting misalnya mengurusi peningkatan revenue dan perkembangan bisnis. Apalagi dengan kemampuan teknologi cloud yang fleksibel bisa dikembangkan sesuai kebutuhan Anda.

Aman

Banyak organisasi bisnis atau orang yang hendak migrasi ke teknologi cloud khawatir terhadap keamanan datanya. Bagaimana bisa percaya jika data berada di antah berantah.

Nah menjawab hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana cara penyedia layanan cloud menjaga kemanan sistemnya.

Tugas utama dari penyedia layanan cloud adalah menjaga keamanan sistem dan datanya. Data dari RapidScale menyatakan bahwa 94% bisnis mengalami peningkatan dari sisi kemanan setelah migrasi ke teknologi cloud, 91% menyatakan bahwa teknologi cloud memudahkan mereke memenuhi kebutuhan.

Meningkatkan dan mendukung kolaborasi tim

Teknologi cloud computing membuat kolaborasi menjadi hal yang mudah dilakukan. Antar anggota tim dapat melihat dan membagikan informasi dan data secara cepat, mudah, aman, dan real time. Sehingga proses kolaborasi secara efektif dapat terjadi memaksimalkan kinerja dan hasilnya.

Insight

Memanfaatakan teknologi cloud dapat membuat Anda memperoleh insight dan analitik dari semua data yang tersimpan. Anda dapat dengan mudah melakukan mekanisme track,  mendapatkan dan membuat report dengan cepat untuk dianalisis.

Dengan memanfaatkan kemudahan insight dari cloud ini Anda dapat meningkatkan efisiensi dan secara cepat dapat membuat keputusan strategis berdasarkan data yang valid untuk mencapai tujuan bisnis.

Disaster Recovery System

Salah satu faktor yang berkontribusi pada kesuksesan sebuah bisnis adalah adanya kontrol. Sayangnya ada beberapa hal yang tidak bisa dikontrol, misalnya adanya bencana. Hal tersebut merupakan sesuatu yang diluar kontrol.

Namun Anda tetap bisa mengantisipasinya dengan membuat sebuah langkah-langkah dan sistem untuk recovery agar ketika mungkin bencana terjadi, maka langkah perbaikannya bisa cepat.

Teknologi cloud computing hadir menawarkan salah satu keunggulannya yaitu disaster recovery system. Anda dapat melakukan recovery dari semua skenario emergensi salah satunya bencana secara cepat.

Menghindari kehilangan Data

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan teknologi cloud, maka semua data penting Anda akan berada di cloud. Hal tersebut memberikan kemanan dan kemungkinan kehilangan data menjadi sangat kecil dibandingkan menyimpannya di hardware lokal selama ini.

Ketika tidak memanfaatkan teknologi cloud, kemungkinan Anda kehilangan data menjadi lebih besar, entah dari infeksi virus, kerusakan hardware karena usia, atau hanya karena human error. Teknologi cloud dapat mengantisipasi semua kemungkinan hilang data tersebut dan melakukan recovery jika terdapat data yang  hilang atau tak sengaja terhapus.

Quality Control

Menyimpan data di cloud membuat Anda dapat memiliki data yang konsisten dengan semua orang bisa mengakses dalam waktu yang sama. Sehingga Anda dapat dengan mudah menjaga konsistensi data, melakukan revisi, dan menghindari human error.

Sistem quality control dapat terjaga dengan baik ketika menggunakan teknologi cloud computing.

Update software secara otomatis

Bagi Anda yang pernah mengalaminya, tentu tahu bagaimana proses update software dan sistem operasi itu sangat membutuhkan waktu karena harus ditunggu. Teknologi cloud menjawab masalah tersebut dengan memberikan update software secara otomatis. Ini tentu sangat menghemat biaya dan waktu bagi tim IT di perusahaan Anda.

Menurut data dari PCWorld pengguna teknologi cloud 50% membutuhkan lebih sedikit sumber daya manusia di bidang IT sebagai efek manfaat dari menggunakan teknologi ini.

baca juga

Kemudahan akses mobile

Teknologi cloud memungkinkan akses data dan aplikasi melalui perangkat mobile baik smartphone atau tablet. Besarnya pengguna perangkat smartphone di dunia saat ini membuat pemanfaatan teknologi cloud sangat pas. Staff bisnis Anda yang harus sering keluar kantor bisa tetap mengakses data dan menggunakan aplikasi di smartphone. Update data juga  bisa langsung dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Suistainbility

Infrastruktur cloud mendukung suistainbility atau keberlangsungan lingkungan dengan layanan virtualnya yang dapat mengurangi produk hardware secara fisik, penggunaan kertas, dan efisiensi energi dan daya listrik untuk menghidupkan server offline. Semua cukup bisa diakses melalui internet dan diakses dimana saja kapan saja melalui perangkat mobile.

Data dari penelitian Pike menyatakan bahwa prediksi kedepan konsumsi daya untuk data center bisa turun hingga 31% dari 2020 hingga 2030 disebabkan oleh pemanfaatan teknologi cloud ini.

Itulah 10 keunggulan yang diberikan oleh teknologi cloud yang dapat Anda rasakan manfaatnya. Segala keunggulan ini dapat menjadi alasan kuat mengapa perlu migrasi ke teknologi cloud secepatnya bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published.