Mengenal Teknologi Cloud Computing, Ulasan Lengkap

uqwo.com Mengenal Teknologi Cloud Computing, Ulasan Lengkap , Apakah Anda sudah pernah mendengar teknologi cloud computing? Apa dan dimana kah teknologi cloud ini berada? Pertanyaan sejenis tersebut mungkin sering muncul seiring istilah cloud ini mulai banyak digunakan.  Kali ini kami akan memberikan ulasan lengkat terkait teknologi cloud tersebut.

Apa itu teknologi cloud computing?

Secara sederhana teknologi cloud adalah layanan komputasi dari penyimpanan dan pemrosesan data yang semua melalui internet. Artinya, teknologi cloud berarti menyimpan dan mengakses baik data maupun program dalam internet.

Cloud atau awan ini sebenarnya hanya metafora untuk internet, bukan benar-benar berarti data Anda disimpan di awan. Data dan aplkasi tidak lagi berada di sebuah hard disk Anda, semua berada di cloud alias perlu diakses melalui internet. Meskipun begitu semua tetap terasa cepat dan mudah.

Teknologi cloud merupakan opsi paling populer saat ini untuk orang dan bisnis untuk mendapatkan beragam kelebihannya sekaligus untuk mengurangi biasa, meningkatkan kecepatan efisiens, produktifitas, performa, dan tentu saja keamanan.

Sejarah Teknologi Cloud Computing

Teknologi cloud masih terhitung baru dalam proses adopsinya. Saat ini masih belum banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi tersebut secara optimal. Teknologi ini muncul di awal tahun 2000-an.

Namun konsep teknologi cloud ini sebenarnya sudah muncul dari tahun 1960 yaitu ketika perusahaan memilih untuk menyewa dalam waktu tertentu sebuah mainframe daripada membelinya. Namun saat itu perkembangan komputer sedang sangat pesat dengan harga komputer yang terjangkau. Sehingga konsep sewa ini ditinggalkan.

Namun kemudian pada akhir tahun 1990 hingga tahun 2000 sistem menyewa ini kembali meningkat, kemudian diikuti dengan perkembangan teknologi cloud computing yang menjadi solusi kebutuhan software sebagai bentul layanan yang mudah bagi pengguna hingga saat ini.

Bagaimana Teknologi Cloud Computing bekerja?

Teknologi cloud computing ini memungkinkan seseorang menggunakan sebuah aplikasi langsung dari penyedia layanan teknologi cloud melalui internet, dibandingkan harus memiliki infrastruktur atau data center yang mengeluarkan banyak biaya.

Perusahaan penyedia layanan cloud akan membuat pengguna untuk dapat menyimpan file dan menggunakan aplikasi pada server remote dan dapat mengaksesnya melalui internet.

Teknologi cloud ini menghilangkan beban berat gadget Anda dan memindahkannya ke kluster komputer yang ada di cyberspace.

Jenis teknologi Cloud Computing

Terdapat tiga jenis layanan dari teknologi komputer, yaitu:

Software as a Service atau SaaS

Memungkinkan seseorang pengguna mengakses sebuah aplikasi tanpa perlu menginstall di perangkat gadgetnya.Anda dapat membayar sesuai kebutuhan model atau selama jangka waktu tertentu Anda menggunakannya. Jadi tak ada lagi harus membeli lisensi seumur hidup ketika membeli sebuah software.


Keuntungan menggunakan SaaS:

  • Anda dapat mengakses data dan aplikasi dari manapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet
  • Tidak akan ada kehilangan data dan aplikasi jika komputer atau perangkat yang Anda gunakan rusak sebab semua sudah tersimpan di cloud
  • Untuk memanfaatkan aplikasi dan data yang dibutuhkan hanya perlu sign up, tak perlu download dan install
  • Layanan dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna
  • Infrastructure as a Service (IaaS)

Merupakan jenis layanan yang menyajikan penyewaan insfrasturktur dari sistem operasi dan perangkatnya yang dapat diakses melalui IP.Salah satu contoh populer sistem IaaS adalah Microsoft Azure dan IBM Cloud.

Keuntungan menggunakan IaaS:

  • Infrastruktur dapat dikembangkan sesuai kebutuhan Anda
  • Tak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya investasi untuk hadrware
  • Tidak perlu memikirkan biaya maintanance / perawatan hardware
  • Fleksible dapat diakses di mana saja
  • Memiliki layanan inovatif sesuai kebutuhan
  • Platform as a Service (PaaS)

Adalah salah satu jenis layanan cloud yang menyedialn platform untuk membangun aplikasi, Hampir mirip dengan SaaS yang menawarkan penggunaan aplikasi, PaaS ini hadir sekaligus untuk dapat membuat sebuah aplikasi dan menyebarkannya melalui internet. Contoh model layanan ini adalah Heroku dan Force.com.

Keuntungan menggunakan layanan PaaS:

  • Dapat dengan cepat membangun aplikasi dan memasarkannya
  • Mengurangi kompleksitas dengan memanfaatkan layanan middleware ini
  • Deploy aplikasi web ke cloud dalam hitungan menit.

Arsitektur dari teknologi Cloud

Teknologi cloud computing ini terdiri dari dua komponen utama yaitu komponen front end dan back end. Front end meliputi klien yang mengakses teknologi ini melalui web browser. Sementara untuk back end merupakan teknologi cloud itu sendiri, dimana semua resource layanan berada di back end yang terdiri dari virtual machine, server, penyimpanan datan, mekanisme keamanan.

Teknologi cloud kemudian mendistribusikan segala sistem dan file tersebut ke harddiskd an machine yang tersebar di banyak tempat. Tidak ada data yang tersebar hanya dalam satu komputer, sehingga ketika Anda mengalami kegagalan akses, akan dialihkan ke tempat penyimpanan lain.

Keamanan Teknologi Cloud Computing

Salah satu yang menjadi banyak pertimbangan orang dan perusahaan belum menggunakan teknologi cloud adalah di bagian masalah keamanannya. Data dan aplikasi yang tersimpan entah di mana tersebut membuat kekhawatiran tersendiri bagi beberapa orang dan pemilik bisnis.

Sebenarnya mengenai kemanan ini, teknologi cloud memiliki kemananan yang sangat baik. Tentu saja ini bergantung kepada vendor pemilik layanan cloud. Pemilik jasa layanan cloud yang baik tidak akan menempatkan kemananan di nomor sekian, keamanan menjadi salah satu hal utama yang penting.

Tanggung jawab keamann tidak hanya berada di tim security, namun juga dilakukan oleh tim operasional dan Devops. Sehingga keamanan data dan sistem Anda pasti terjamin. Untuk menghindari resiko keamanan, pihak pemilik layanan cloud biasanya juga menerapkan beberapa layer kemanan di masing-masing level dari mulai sistem operasi hingga data center. Sehingga urusan kemanan ini bukan jadi hal yang perlu di khawatirkan lagi.

Seberapa penting menerapkan teknologi Cloud?

Menerapkan teknologi cloud ini dapat membuat Anda mengurangi biaya pembangunan sebuah sistem infrastruktur IT di perusahaan Anda.  Selain itu Anda juga dapat melakukan efisiensi dengan segala kemudahan aksesbilitas, biaya yang lebih rendah, keamanan, dan recovery jika terjadi bencana.

Teknologi cloud juga penting dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas dari bisnis Anda, sebab energi dan fokus bisa tetap ke proses bisnis, tanpa harus memikirkan infrastruktur dan hal teknis.

baca juga

Seperti apa masa depan teknologi cloud

Saat ini teknologi cloud masih dalam tahap awal proses adopsi meskipun sudah cukup lama digunakan. Namun masa depan pemanfaatan teknologi cloud ini cukup cerah dan terus berkembang. Ke depannya teknologi cloud tak hanya menawarkan biaya yang lebih rendah dibanding membangun infrastruktur fisik, namun juga menawarkan transformasi digital bagi para pengguna.

Tak hanya membantu dalam proses bisnis, cloud computing  juga dapat dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah masa depan, seperti mengelola big data, mengurusi keamanan cyber, dan kontrol kualitas. Teknologi juga kedepan mulai mengarah ke pemanfaatan cloud, seperti AI dan automation.

Semua perkembangan ini tentu dilakukan untuk transformasi teknologi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadi apakah perusahaan dan bisnis Anda sudah memanfaatkan teknologi cloud saat ini?https://opencirrus.org/cloud-computing-important/

Leave a Comment

Your email address will not be published.