Merek di SEO

Mitos Penyebutan Merek di SEO


John Mueller menjelaskan posisi Google dalam menggunakan penyebutan merek untuk tujuan peringkat

John Mueller dari Google ditanya apakah “penyebutan merek” membantu SEO dan peringkat. John Mueller menjelaskan, secara rinci, bagaimana penyebutan merek tidak digunakan di Google.

Apa itu Sebutan Merek?


Penyebutan merek adalah ketika satu situs web menyebutkan situs web lain. Ada gagasan di komunitas SEO bahwa ketika sebuah situs web menyebutkan nama domain atau URL situs web lain, Google akan melihat ini dan menghitungnya sama dengan tautan.

Sebutan Merek juga dikenal sebagai tautan tersirat. Banyak yang ditulis tentang ini sepuluh tahun yang lalu setelah paten Google yang menyebutkan ” tautan tersirat ” muncul.

Belum pernah ada ulasan yang solid tentang mengapa gagasan “penyebutan merek” tidak ada hubungannya dengan paten ini, tetapi saya akan memberikan versi singkatnya nanti di artikel ini.

John Mueller Membahas Penyebutan Merek


Apakah Penyebutan Merek Membantu Peringkat?


Orang yang mengajukan pertanyaan ingin tahu tentang penyebutan merek untuk tujuan peringkat . Orang yang mengajukan pertanyaan memiliki alasan yang baik untuk menanyakannya karena gagasan “penyebutan merek” tidak pernah ditinjau secara pasti.

Orang itu mengajukan pertanyaan:

“Apakah penyebutan merek tanpa tautan membantu peringkat SEO?”

Google Tidak Menggunakan Sebutan Merek


John Mueller dari Google menjawab bahwa Google tidak menggunakan “penyebutan merek” untuk tujuan terkait tautan apa pun.

Muller menjelaskan:

“Dari sudut pandang saya, saya tidak berpikir kita menggunakannya sama sekali untuk hal-hal seperti PageRank atau memahami grafik tautan dari sebuah situs web.

Dan hanya penyebutan biasa terkadang agak sulit untuk diketahui.”

Bagian tentang itu menjadi rumit itu menarik.

Dia tidak menjelaskan mengapa itu rumit sampai nanti di video di mana dia mengatakan sulit untuk memahami konteks subjektif dari sebuah situs web yang menyebutkan situs web lain.

Sebutan Merek Berguna Untuk Membangun Kesadaran


Mueller selanjutnya mengatakan bahwa penyebutan merek mungkin berguna untuk membantu menyebarkan berita tentang sebuah situs, yaitu tentang membangun popularitas.

Mueller melanjutkan:

“Tapi itu bisa menjadi sesuatu yang membuat orang sadar akan merek Anda, dan dari sudut pandang itu, bisa menjadi sesuatu di mana secara tidak langsung Anda mungkin memiliki semacam efek dari itu di mana mereka mencari merek Anda dan kemudian … jelas, jika mereka sedang mencari merek Anda, semoga mereka segera menemukan Anda dan kemudian mereka dapat membuka situs web Anda.

Dan jika mereka menyukai apa yang mereka lihat di sana, sekali lagi, mereka dapat pergi dan merekomendasikannya kepada orang lain juga.”

“Menyebutan Merek” Bermasalah
Kemudian pada menit ke-58, orang lain mengangkat topik tersebut kembali dan bertanya bagaimana Google dapat menangani situs spam yang menyebut merek secara negatif.

Orang tersebut mengatakan bahwa seseorang dapat menolak tautan tetapi seseorang tidak dapat menyangkal “penyebutan merek”.

Mueller setuju dan mengatakan itulah salah satu hal yang membuat penyebutan merek sulit digunakan untuk tujuan pemeringkatan.

John Mueller menjelaskan:

“Memahami konteks yang hampir subjektif dari penyebutan itu sangat sulit.

Apakah itu seperti sebutan positif atau sebutan negatif?

Apakah penyebutan positif sarkastik atau penyebutan negatif sarkastik? Bagaimana Anda bisa tahu?

Dan semua itu, bersama dengan fakta bahwa ada banyak situs spam di luar sana dan terkadang mereka hanya memutar konten, terkadang mereka berbahaya terkait dengan konten yang mereka buat…

Semua itu, menurut saya, membuatnya sangat sulit untuk mengatakan bahwa kita dapat menggunakannya sebagai tautan yang sama.

… Hanya saja, saya pikir, terlalu membingungkan untuk digunakan sebagai sinyal yang jelas.”

Tingkatkan Konten Anda dengan Analisis Maksud Kata Kunci
Dengan metrik maksud kata kunci Semrush, tidak pernah semudah ini untuk menyelaraskan kata kunci Anda dengan audiens yang tepat dan konten yang tepat dengan cepat.


Darimana “Brand Mention” Berasal


Gagasan “penyebutan merek” telah melambung selama lebih dari sepuluh tahun.

Tidak ada makalah penelitian atau paten untuk mendukungnya. “Brand mentions” secara harfiah adalah ide yang diciptakan seseorang begitu saja.

Namun gagasan “penyebutan merek” dimulai pada tahun 2012 ketika sebuah paten muncul yang tampaknya mengkonfirmasi gagasan penyebutan merek.

Ceritanya panjang banget, jadi saya ringkas saja.

Ada paten dari tahun 2012 yang disalahartikan dalam beberapa cara berbeda karena kebanyakan orang pada saat itu, termasuk saya, tidak membaca seluruh paten dari awal hingga akhir.

Paten itu sendiri adalah tentang peringkat halaman web.

Struktur sebagian besar paten Google terdiri dari paragraf pengantar yang membahas tentang apa paten itu dan paragraf tersebut diikuti oleh halaman deskripsi detail yang mendalam.

Paragraf pengantar yang menjelaskan tentang negara bagian:

“Metode, sistem, dan peralatan, termasuk program komputer… untuk memeringkat hasil pencarian.”

Hampir tidak ada yang membaca bagian awal paten itu.

Semua orang fokus pada satu paragraf di tengah paten (halaman 9 dari 16 halaman).

Dalam paragraf itu ada penyebutan sesuatu yang disebut ” tautan tersirat “.

Kata ” tersirat ” hanya disebutkan empat kali di seluruh paten dan keempat kali itu terkandung dalam satu paragraf itu.

Jadi ketika paten ini ditemukan, industri SEO fokus pada satu paragraf sebagai bukti bahwa Google menggunakan penyebutan merek.

Untuk memahami apa itu “tautan tersirat”, Anda harus menggulir kembali ke paragraf pembuka di mana penulis paten Google menjelaskan sesuatu yang disebut ” permintaan referensi ” yang bukan tautan tetapi tetap digunakan untuk tujuan peringkat seperti tautan.

Apa Itu Kueri Referensi?
Kueri referensi adalah kueri penelusuran yang berisi referensi ke URL atau nama domain.

Paten menyatakan:

“Kueri referensi untuk grup sumber daya tertentu dapat berupa kueri penelusuran yang dikirimkan sebelumnya yang telah dikategorikan sebagai merujuk ke sumber daya dalam grup sumber daya tertentu.”

Di tempat lain paten memberikan penjelasan yang lebih spesifik:

“Kueri dapat diklasifikasikan sebagai merujuk ke sumber daya tertentu jika kueri menyertakan istilah yang dikenali oleh sistem sebagai merujuk ke sumber daya tertentu.

…kueri penelusuran termasuk istilah “example.com” dapat diklasifikasikan sebagai merujuk ke beranda itu.”

Ringkasan paten, yang muncul di awal dokumen, menyatakan bahwa ini tentang menetapkan tautan ke situs web mana yang independen dan juga menghitung kueri referensi dan dengan informasi itu membuat “faktor modifikasi” yang digunakan untuk menentukan peringkat halaman web.

“…menentukan, untuk masing-masing kelompok sumber daya, jumlah kueri referensi masing-masing; menentukan, untuk setiap pluralitas kelompok sumber daya, faktor modifikasi khusus kelompok masing-masing, di mana faktor modifikasi khusus kelompok untuk setiap kelompok didasarkan pada jumlah tautan independen dan jumlah kueri referensi untuk grup;”

Seluruh paten sebagian besar bertumpu pada dua faktor yang sangat penting itu, jumlah tautan masuk independen dan jumlah kueri referensi. Kueri referensi frasa dan kueri referensi digunakan 39 kali dalam paten.

Seperti disebutkan di atas, kueri referensi digunakan untuk tujuan peringkat seperti tautan, tetapi itu bukan tautan.

Paten menyatakan:

“Tautan tersirat adalah referensi ke sumber daya target …”

Jelas bahwa dalam paten ini, ketika menyebutkan tautan tersirat, itu berbicara tentang kueri referensi, yang seperti dijelaskan di atas berarti ketika orang mencari menggunakan kata kunci dan nama domain situs web.

baca juga

Gagasan Penyebutan Merek Adalah Salah


Seluruh gagasan “penyebutan merek” menjadi bagian dari sistem kepercayaan SEO karena bagaimana paten itu disalahartikan.

Tetapi sekarang Anda memiliki fakta dan tahu mengapa “penyebutan merek” bukanlah hal yang nyata.

Ditambah lagi John Mueller membenarkannya.

“Brand mentions” adalah sesuatu yang benar-benar acak yang ditemukan oleh seseorang di komunitas SEO secara tiba-tiba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!