Pentingnya SEO Dalam Marketing

uqwo.com Pentingnya SEO Dalam Marketing – Sekarang ini beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di dunia digital telah banyak yang memasukkan teknik penguasaan dasar SEO sebagaai salah satu upaya dalam sistem marketingnya. SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu upaya yang banyak dilakukan untuk mengoptimalkan mesin pencari dalam meningkatkan trafik atau rating suatu website pada posisi teratas di mesin pencarian.

Upaya tersebut menjadi salah satu usaha yang sangat penting dilakukan untuk bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Mengingat dari tahun ke tahun penggunaan internet semakin mengalami peningkatan, sehingga peningkatan tersebut diiringi dengan berevolusinya teknik marketing yang konvensional hingga ke digital.

Bisnis dan Brand bahkan ikut dituntut untuk selalu mengeluarkan inovasi terbaru agar lebih berkembang mengikuti perkembangan zaman. Ini bertujuan agar dapat terus bersaing dengann competitor dan selalu menjadi yang paling unggul. Menurut beberapa pelaku bisnis perkembangan yang membuat bisnis harus berbenah wajib menambahkan kemampuan daasar SEO dalam perusahaannya.

SEO yang telah dipercaya menjadi salah satu syarat untuk menjadi bagian dari marketing tentu saja hal yang cukup penting bahkan dapat memberikann berbagai fit back positif bagi pengusaha di dunia digital. Namun, berbagai macam pertanyaan terkadang timbul di dalam masayarakat, seperti misalnya menanyakan tentang Pentingnya SEO Dalam Marketing.

Data penelitian menunjukkan bahwa pembelian oleh para konsumen sebanyak 89% hingga 90% dimulai dalam mesin pencari, terutama mesin pencarian pada Google yang saat ini telah mendominasi. Hal ini berhubungan dengan SEO yang merupakan suatu upaya untuk meningkatkann traffic website melalui pencarian di mesin pencari.

Pencarian tersebut dinilai dari seberapa banyak seorang konsumen mengetikkan suatu kata atau kata kunci di dalam mesin pencari tersebut. Nah, untuk itu tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mempelajari dan menguasai dasar SEO sangat penting anda lakukan jika ingin menjadi marketing dan meningkatkan pendapatan di era modern seperti sekarang ini.

Dapat dikatakaan dalam dunia marketing dan digital mempelajari dan menguasai SEO lebih dalam adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Anda akan dituntut oleh e-commerce dan startup untuk memahamai bagaimana dampak yang dtitimbulkan oleh kata kunci dan backlink terhadap website. Mengetahui seberapa dalam search engine bekerja, dimana semua hal tersebut bisa anda pelajari dalam pengetahuan dasar SEO. Maka dari itu, berikut ini beberapa alasan Pentingnya SEO Dalam Marketing perusahaan.

Mampu Meningkatkan Brand Awareness Dan Business Visibility

Dengan pemakaian teknik SEO kemungkinan besar akan memberikan peluang pada website anda untuk menempati posisi paling atas dalam mesin pencarian. Bahkan brand dari sebuah bisnis anda akan mudah dan semakin dikenal oleh banyak orang. Semakin seringnya website muncul dari sebuah brand juga mampu meningkatkan kredibilitas, yang manada dapat emnimbulkan brand recall pada konsumen.

Sebagai contoh, seorang produsen yang memproduksi sebuah sepatu olah raga dalam marketingnya ia menggunakan teknik SEO. Dalam keyword atau konten yang ia unggah menggunakaan kata kunci “jenis sepatu olah raga” yang  menjadi keyword sering dicari oleh para konsumen. Maka tidak terpungkiri website produsen tersebut akan berada pada halaman pertama diposisi satu hingga 3 teratas. Ini akan memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengunjungi website tersebut dan membeli produknya.

Hal inilah yang dapat membuat sebuah brand dapat menawarkan produk secara halus melalui suatu hal yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Sebuah brand dapat terkenal dengan syarat harus muncul ketika seseorang mencari produk yang anda miliki. Anda tidak perlu lagi meyakinkan konsumen dengan produk yang dibutuhkan. Yang perlu anda lakukan adalah meyakinkan konsumen bahwa produk anda adalah produk yang berkualitas dan paling tepat untuk dibeli.

Mampu Meningkatkann Traffic

Pentingnya SEO Dalam Marketing yakni mampu meningkatkan traffic. Website anda akan memiliki peringkat bagus dan mampu meningkatkan traffic ke website sebuah brand. Bahkan meningkatnya trafik tersebut sebenarnya dapat berdampak ke banyak hal, seperti halnya meningkatkan brand awareness, memanfaatkan adsense sebagai penghasilan tambahan, dan mampu meningkatkan peluang kemungkinan produk anda akan dibeli.

Memberikan ROI (Return On Investment)

ROI (return on investment) bisa anda dapatkan setelah menerapkan wawasan dasar SEO pada teknik marketing anda. Website yang berada diposisi paling atas pada halaman pertama mampu mendapatkan 33% engagement dari pengunjung atau customer.

Dengan demikian perusahaan yang investasi di SEO bisa mendapatkan ROI lebih besar dari paid ads maupun SMM (Social Media Marketing). Begitupun dengan harga yang bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan cara marketing lainnya. Hal ini disebabkan SEO dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi. Dikatakan demikian karena sebuah brand tidak dapat mengambil manfaat SEO dalam waktu singkat kaarena SEO merupakan taktik jangka panjang.  

Penggunaan Inbound Marketing

SEO menjadi salah satu bagian dari inbound marketing. Dimana inbound marketing diartikan sebagai sebuah teknik pemasaran yang beranjak populer di dunia marketing. Cara kerjanya sama dengan SEO yakni metode pemasaran atau marketing yang bertujuan untuk membantu calon konsumen menemukan bisnis yang anda kelola serta produk yang dipasarkan. Dengan menerapkan dasar SEO pada teknik marketing dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada bisnis anda.  Inbound marketing juga dianggap mampu meningkatkan 92% pengunjung ke website. Bahkan sekitar 84% pelaku bisnis secara konsisten telah memakai inbound marketing untuk menarik para pelanggan.  

baca juga

Semua Perusahaan Telah Melakukannya

Banyak perusahaan yang telah melakukan content writing yang didukung dengan teknik SEO untuk memantapkan posisinya dalam melawan pesaing. Content writing yang dimaksudkan adalah membuat sebanyak mungkin tulisan yang berhubungan dengan bidang yang bersangkutan. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa menguasai dan menggunakan SEO pada teknik marketing bisnis perusahaan bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung dan loyalitas terhadap produk bisnis anda.

Pada akhirnya evolusi pada dunia bisnis akan berdampak pada teknik marketing dan membuat kita mau tidak mau harus menguasai dan mempelajari mengenai digital. Maka ddari itu, menguasai SEO merupakan salah satu pintu masuk untuk menguasai lainnya. Hal ini sudah dimulai dengan start-up dan e-commerce di Indonesia yang merekrut marketing staf serta menjadikan SEO sebagi dasar kemampuannya.

Namun, bagi anda yang belum tertarik pada dunia marketing, maka belajar SEO juga bisa menjadi dasar. Bahkan bisa menjadi salah satu asset kemampuan penguasaan yang bisa anda miliki. Karenanya anda bisa menjualnya sebagai salah satu servis atau jasa untuk menambah penghasilan.

Dari beberapa Pentingnya SEO Dalam Marketing tersebut diatas, anda bisa menyimpulkan bahwa menguasai dasar SEO dalam teknik marketing bisa memberikan keuntungan dan penting untuk dilakukan. Fit back positif dengan peningkatan penjualan bisa anda dapatkan untuk jangka panjang serta dapat diguna kan sebagai investasi. Semoga dapat memberikan manfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.