SEO YouTube

SEO YouTube

SEO YouTube Dari Dasar Hingga Lanjut: Cara Mengoptimalkan Video Anda
Pelajari tentang faktor peringkat YouTube dan cara mengoptimalkannya dalam panduan SEO YouTube ini, dengan kiat mulai dari dasar hingga lanjutan.

SEO YouTube dapat membantu konten Anda menjangkau pemirsa yang lebih luas dengan secara aktif menargetkan orang-orang yang menelusuri video Anda.

Pertama, Anda harus mengidentifikasi topik apa yang dicari orang.

Kemudian, Anda perlu tahu mengapa YouTube memberi peringkat video seperti itu.

Akhirnya, Anda akan belajar bagaimana mempraktikkan apa yang Anda pelajari.

Artikel ini akan membahas ketiga pilar SEO YouTube, dan mengajari Anda cara memposisikan video Anda agar berada di depan para pesaing.youtube, video, mediayoutube, video, mediaseo youtobe

Pengantar SEO YouTube


Konten video adalah alat yang tak tertandingi dalam hal menceritakan sebuah kisah kepada massa, dan popularitasnya semakin meningkat karena teknologi yang lebih maju terus memasuki pasar.

Manusia hampir selalu menikmati — terkadang bahkan mengandalkan — konten video. Fakta menyenangkan: film membantu menarik kita keluar dari Depresi Hebat.

Video menjadi lebih umum (Halo, Internet!), Berguna, dan diproduksi dengan lebih baik sejak saat itu. Saat ini, YouTube dapat diakses hanya dalam hitungan detik oleh siapa saja dari hampir semua tempat di dunia.

Namun sekarang, dengan begitu banyak orang yang mengunggah video ke web dan semua konten video yang sudah ada di internet — volumenya meningkat secara drastis setiap hari — bagaimana pemasar dapat membuat konten mereka menonjol dibandingkan “orang lain?”

Gunakan kiat dasar dan lanjutan ini untuk membantu Anda dan tim konten Anda berhasil melawan penerbit video lain yang tidak memanfaatkan taktik pengoptimalan video.

  1. Identifikasi Kata Kunci Target
    Seperti mengoptimalkan halaman web untuk Google, mengoptimalkan video untuk hasil pencarian YouTube dimulai dengan penelitian kata kunci.

Dengan memprioritaskan langkah proses SEO YouTube ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda membuat dan mengoptimalkan konten yang benar-benar dicari orang.

Tahap pertama penelitian kata kunci dimulai di YouTube itu sendiri. Ada tambang emas data di dalam bilah pencarian, karena sugesti otomatis mencerminkan kueri pengguna asli.

Mulailah mengetik kata atau frasa yang terkait dengan niche Anda dan Anda akan melihat daftar kata kunci yang sedang tren:

YouTube seoTangkapan layar dari YouTube.com, September 2021.
Sekarang klik pada saran agar Anda dapat membuat video yang menarik dan melihat saluran mana yang sudah mendapat peringkat.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari saluran ini jika Anda tahu di mana mencarinya. Mulailah dengan menelusuri video terpopuler mereka.

Kunjungi halaman saluran dan Anda akan segera melihat bagian yang didedikasikan untuk konten berkinerja tertinggi mereka.

Ini adalah sumber inspirasi kata kunci yang bagus karena Anda mendapatkan ide dari video yang terbukti disukai pemirsa.

YouTube seoTangkapan layar dari YouTube.com, September 2021.
Dengan menggunakan contoh di atas, katakanlah Anda telah memilih “ Google Easter Egg ” sebagai topik potensial untuk video Anda berikutnya.

Majukan bisnis Anda dengan pemasaran konten Tingkatkan visibilitas online Anda, jangkau pelanggan baru, dan dorong penjualan dengan perangkat pemasaran konten lengkap ini.


Sejauh ini, semua tanda menunjukkan bahwa itu adalah kata kunci yang bagus. Tapi kita perlu konfirmasi lebih lanjut untuk benar-benar yakin.

Kita perlu tahu bahwa orang-orang secara aktif menelusuri topik tersebut, dan bahwa YouTube belum jenuh dengan video tentang topik tersebut.

Anda dapat memeriksa untuk memastikan kata kunci Anda tidak terlalu kompetitif dengan mencarinya di Google.

Dengan menggunakan perintah ‘site:’, Anda dapat mengetahui berapa banyak video tentang topik tersebut yang sudah ada di YouTube.

Semakin rendah semakin baik. Jika pencarian Anda menghasilkan lebih dari 500 ribu hasil, saya sarankan untuk memulai dari awal dan memilih yang baru.

YouTube seoTangkapan layar dari YouTube.com, September 2021.
Pada screenshot di atas kita bisa melihat ada sekitar 168 ribu video tentang “Google Easter Egg” di YouTube. Itu berarti mendapat lampu hijau untuk melanjutkan ke fase berikutnya.

Langkah terakhir dari proses penelitian kata kunci melibatkan alat yang sudah dikenal: Google Keyword Planner .

Mengapa?

YouTube bukan satu-satunya tempat orang menemukan video, mereka juga muncul di hasil pencarian Google. Jadi, Anda ingin memilih kata kunci yang layak untuk kedua mesin pencari.

Sekali lagi, tujuannya adalah untuk menemukan kata kunci yang dicari orang tetapi tidak terlalu kompetitif. Untuk mencapai sweet spot itu, jumlah ideal pencarian bulanan rata-rata di Google Keyword Planner adalah 1K atau kurang.

Mengikuti contoh yang sama, mari kita lihat apakah “telur Paskah Google” lulus ujian akhir.


Itu benar! Kata kunci ini berada di ujung atas pencarian bulanan rata-rata, tetapi tetap lolos.

“Google Easter Egg” memenuhi semua kriteria untuk kata kunci yang baik, sehingga memiliki peluang tinggi untuk berkinerja baik di YouTube.

Sebelum kita masuk ke cara mengoptimalkan video YouTube, penting untuk memahami faktor-faktor yang Anda optimalkan dan mengapa. Bagian selanjutnya membahas faktor peringkat untuk algoritme YouTube.

  1. Memahami Faktor Peringkat SEO YouTube
    Hal pertama yang harus dipahami tentang mengoptimalkan video adalah YouTube memiliki dua algoritme.

Ada algoritme rekomendasi , yang memberi peringkat konten di beranda YouTube dan bagian video yang disarankan.

Dan ada algoritma pencarian, yang memberi peringkat konten dalam hasil pencarian YouTube.

Bagian ini, dan semua informasi selanjutnya dalam artikel ini, mengacu pada algoritme penelusuran YouTube. Untuk detail tentang cara YouTube menyarankan video kepada pengguna, lihat panduan Jurnal Mesin Telusur untuk algoritme rekomendasi YouTube .

Meskipun beberapa faktor peringkat dibagi antara kedua algoritme, penting untuk dicatat perbedaannya.

Dengan perbedaan itu, mari masuk ke inti bagian ini.

Faktor Peringkat Penelusuran YouTube


Algoritme penelusuran YouTube memprioritaskan empat faktor ini saat memeringkat video di hasil penelusuran:

Relevansi: Sertakan faktor-faktor seperti judul, tagar, deskripsi, dan konten video itu sendiri.
Keterlibatan: Mencakup faktor seperti suka, berlangganan, komentar, mengaktifkan notifikasi, dan waktu tonton.
Kualitas: Mencakup sinyal yang dapat membantu menentukan saluran mana yang menunjukkan keahlian, otoritas, dan kepercayaan pada topik tertentu.
Personalisasi: YouTube mencoba menemukan hasil yang paling relevan untuk setiap pengguna dengan mempertimbangkan riwayat penelusuran dan tontonan pengguna.
Algoritme YouTube memprioritaskan konten dari otoritas tepercaya untuk penelusuran terkait berita, politik, dan informasi medis atau ilmiah.

Untuk kategori lain, seperti musik atau hiburan, YouTube lebih cenderung melihat sinyal seperti relevansi, kesegaran, atau popularitas.

Berhati-hatilah untuk tidak memikirkan SEO YouTube seperti Google SEO, karena sinyal interaksi pengguna tidak diperhitungkan oleh algoritme Google.

Apakah orang mengklik hasil yang ditampilkan Google tidak relevan dengan algoritmenya. Ini bertujuan untuk menyajikan hasil yang paling relevan , terlepas dari berapa banyak orang yang mengunjungi halaman tersebut.

Itu tidak berlaku untuk YouTube.

Algoritme YouTube bertujuan untuk menyajikan hasil yang paling memuaskan .

Untuk menentukan video mana yang paling memuaskan, YouTube mempertimbangkan cara pengguna lain berinteraksi dengan video tersebut saat video ditampilkan di hasil penelusuran.

  • Apakah mereka menonton sepanjang jalan?
  • Apakah mereka menyukai videonya?
  • Apakah mereka meninggalkan komentar?
  • Apakah mereka berlangganan saluran?
  • Apakah mereka mengaktifkan notifikasi?
  • Apakah mereka menonton lebih banyak video saluran?
  • Ini semua adalah sinyal peringkat yang kuat untuk algoritme penelusuran YouTube.

Kiat pengoptimalan di bagian berikutnya akan membantu YouTube memahami tentang video Anda. Untuk membawa video Anda ke puncak SERP, Anda perlu membuat konten yang memuaskan yang mendorong keterlibatan pengguna.

  1. Mempraktikkan SEO YouTube
    Ada alasan mengapa YouTube memungkinkan pengguna memasukkan judul, deskripsi, dan tag secara manual, serta memilih gambar mini video yang optimal dan menambahkan video baru ke daftar putar.

Ini semua tentang memudahkan audiens menemukan Anda.

Semua opsi tersebut harus digunakan sejak pertama kali video diunggah, dengan pengecualian mungkin menambahkannya ke daftar putar – yang dapat menunggu hingga daftar putar yang sesuai dibuat, menambahkan lebih banyak visibilitas ke video Anda.

Judul
Gunakan kata kunci untuk fokus pada niat pengguna dan bagaimana kata kunci tersebut cocok dengan apa yang sebenarnya ditawarkan konten video kepada pengguna.

Jangan khawatir tentang menambahkan nama merek ke judul Anda (biasanya itu sudah menjadi nama saluran). Fokus pada elemen penting.

Gunakan riset kata kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari semua fitur dasar penerbitan YouTube tempat Anda dapat memanfaatkan kata kunci dan relevansi.

Anda hanya memiliki sekitar 65-70 karakter (termasuk spasi) untuk mengatakan apa yang penting, jadi pastikan untuk menggunakan real estat yang berharga itu untuk memanfaatkannya.

YouTube mengizinkan 100 karakter dengan spasi, tetapi judul akan terpotong tergantung di mana mereka muncul.

Judul adalah salah satu hal pertama yang dilihat pengguna saat video Anda muncul di halaman, muncul di penelusuran, atau dibagikan di media sosial. Buat ini berarti.

baca juga

Keterangan
Seperti judul Anda, deskripsi Anda berisi kata kunci, mencerminkan konten dalam video, dan merupakan salah satu hal pertama yang dilihat pengguna.

Ingatlah bahwa Anda sedang membuat deskripsi video, bukan iklan atau promosi.

Deskripsi kualitas memiliki lebih banyak detail daripada judul, tetapi tidak boleh terlalu panjang.

Deskripsi Anda harus menarik pengguna untuk menonton video karena informasi yang diberikan membuat orang tersebut percaya bahwa video tersebut adalah sesuatu yang mereka cari.

Deskripsi juga harus menyertakan setidaknya satu tautan, biasanya kembali ke situs web merek, mungkin ke laman khusus untuk konten dalam video.

Saya menganggap dua tautan dalam deskripsi sebagai sweet spot (satu di akhir kalimat pertama dan satu di kalimat terakhir), tetapi perlu diingat ini adalah cara untuk memberi pengguna lebih banyak informasi. Anda tidak boleh menenggelamkan satu atau dua tautan dengan lima tautan yang tidak menambah nilai nyata.

Saya selalu merekomendasikan hal berikut:

Tulis deskripsi dua hingga tiga kalimat.
Tambahkan setidaknya satu tautan.
Simpan sekitar 300 karakter, termasuk spasi, atau kurang.
YouTube memungkinkan 5000 karakter, tetapi Anda tidak perlu menggunakan semuanya. Bahkan, Anda mungkin tidak seharusnya melakukannya.

Hashtag
Tag cukup baru di YouTube dan berguna untuk mengklasifikasikan konten.

Hanya gunakan kata kunci yang benar-benar relevan dengan video Anda. Jangan menambahkan tag yang tidak relevan dengan harapan Anda akan mendapatkan lebih banyak visibilitas (Anda tidak akan melakukannya – atau, jika Anda melakukannya, Anda hanya akan membuat marah pemirsa Anda).

Tagar membantu pengguna dan Google (dan mesin telusur lainnya) lebih memahami konten video Anda.

gambar mini
Ini cukup sederhana. Pilih gambar yang menarik.

Jangan memilih sesuatu dari slide judul atau apa pun yang diencerkan dengan menulis; pilih gambar diam yang akan diminati pengguna dan mungkin dapat menghasilkan banyak klik.

Sekali lagi, jangan melakukan sesuatu yang rumit dalam upaya menipu pengguna.

Daftar putar
Gunakan ini untuk memperluas jangkauan dan visibilitas pada video Anda.

Namun, tidak ada tekanan untuk menambahkan video ke daftar putar – terutama segera.

Anda dapat menemukan semua opsi pengoptimalan yang tercantum di atas secara langsung setelah mengunggah video:

YouTube seoTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
Terjemahan
YouTube menawarkan pembuat konten kemampuan untuk menerjemahkan video ke bahasa lain.

Ini berguna ketika menerbitkan konten global yang ditujukan untuk pemirsa internasional atau ketika diarahkan pada target demografis tertentu yang berbicara dalam bahasa yang berbeda dari bahasa Inggris.

Sebagian besar merek yang berbasis di AS seharusnya tidak memerlukan ini, tetapi instruksi untuk menerjemahkannya mudah diikuti jika/bila Anda membutuhkannya.

Bahasa
Jika Anda mengupload video dalam bahasa Inggris, dan sebagian besar atau semua video Anda akan berbahasa Inggris, pilih dari tarik-turun Bahasa asli.

YouTube seoTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
Pengaturan lanjutan
Setelan lanjutan YouTube menawarkan berbagai opsi untuk pengoptimalan video.

Beberapa mungkin tampak masuk akal – yang lain, tidak begitu banyak.

Berikut adalah perubahan pengaturan lanjutan yang harus Anda buat untuk video Anda dan bagaimana melakukannya.

Komentar
Meskipun tampaknya seperti hadiah dari Dewa internet untuk dapat menonaktifkan semua komentar di video, itu sebenarnya akan sangat merusak visibilitas video Anda.

Komentar adalah salah satu sinyal yang digunakan oleh YouTube untuk menentukan relevansi, kualitas, dan kebaruan video.

Pastikan komentar diizinkan dengan memilih opsi dari menu tarik-turun.

YouTube seoTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
Hak Distribusi
Mengizinkan penyematan video Anda kemungkinan besar akan meningkatkan kecepatan video tersebut dibagikan dan disematkan karena memberikan pengalaman terbaik di situs kepada pengguna.

Siapa pun dapat menambahkannya ke situs web mereka, termasuk stasiun berita atau blogger.

Memublikasikan video ke feed Subscription dan memberi tahu pelanggan juga merupakan praktik terbaik default yang membantu video ditemukan dan ditonton.

YouTube seoTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
Batasan usia
Video tidak boleh memiliki batasan usia yang ditambahkan, kecuali ada konten eksplisit yang mengharuskannya.

Apa yang mendefinisikan eksplisit mungkin berbeda dari orang ke orang, tetapi “kekerasan, gambar yang mengganggu, ketelanjangan, konten yang menjurus ke arah seksual, dan penggambaran aktivitas berbahaya atau ilegal” semuanya mungkin sesuai dengan batasan usia, menurut YouTube .

Saat pembatasan usia diaktifkan, semua penonton harus login ke YouTube dan berusia di atas 18 tahun.

SEO YouTubeTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
Kategori
Ada 15 kategori berbeda untuk dipilih, dan ini membantu YouTube merekomendasikan video berdasarkan kriteria konten dan perilaku pengguna lain.

Sebagian besar video harus memiliki kategori yang cocok dengannya secara harfiah, tetapi jika karena alasan tertentu video tidak dapat dengan mudah dikategorikan, saya sarankan menggunakan tag “Hiburan” default.

SEO YouTubeTangkapan layar dari Studio.YouTube.com, September 2021.
SEO YouTube Tambahan yang Harus Dimiliki Semua Video
Selain teknik pengoptimalan di atas, beberapa pengoptimalan dasar lainnya dapat membantu membuat video Anda lebih terlihat, tetapi juga berkinerja lebih baik secara umum:

Sertakan Ajakan Bertindak (CTA) yang Jelas
Banyak dampak dan keterlibatan video hebat berakhir saat video tersebut berakhir. Jangan biarkan itu terjadi.

Tawarkan kepada pemirsa langkah selanjutnya yang jelas sehingga mereka dapat:

Pelajari lebih lanjut tentang video.
Lanjutkan ke situs web Anda dan pelajari lebih lanjut tentang merek dan apa yang ditawarkannya.
Berpotensi mengonversi sebagai pengunjung rujukan dari YouTube.
Anotasi YouTube adalah alat yang hebat untuk digunakan untuk CTA.

Jangan Mencoba Menjual Diri Sendiri
YouTube adalah tempat bagi orang-orang untuk mendidik diri mereka sendiri dan merasa terinspirasi; jarang pengguna mencoba untuk menjual produk, atau bahkan pada merek.

Transkripsikan Konten Anda
Ini sering diabaikan karena ini adalah tugas yang membosankan dan melelahkan, tetapi ini membantu YouTube dan mesin pencari lebih memahami video dan kontennya lebih baik daripada cara lain.

Ini seperti merayapi situs web; Anda tidak dapat merayapi video dengan cara yang sama seperti mengirim teks.

Distribusikan Konten Anda
Konten harus dibagikan di semua saluran sosial dan di komunitas dan forum yang relevan untuk memperluas jangkauan.

Ini juga bermanfaat untuk menempatkan dolar iklan di belakang konten video, karena semakin banyak mata yang menontonnya, semakin baik kinerjanya.

Dapatkan bola bergulir keluar dari gerbang dengan konten yang dioptimalkan, dan Anda akan melihat kesuksesan video yang konsisten untuk konten dan saluran Anda.

Konten yang Menang di YouTube & Mengapa
Ingat, ada berbagai sinyal yang masuk ke peringkat dan visibilitas YouTube:

Waktu tonton: Berapa lama penonton menonton video.
Kata kunci: Mengilustrasikan relevansi dengan kueri penelusuran.
Pelanggan: Saluran dengan ratusan atau ribuan pelanggan akan berkinerja lebih baik daripada saluran dengan 15 pelanggan. Ini adalah sinyal perilaku yang menandakan bahwa saluran tersebut adalah otoritas pada topik tertentu dan dipercaya oleh orang lain.
Keterlibatan : Suka, tidak suka, dan komentar adalah sinyal bermanfaat yang membantu YouTube, Google, dan mesin telusur lainnya menyadari bahwa video layak untuk lebih terlihat.
Durasi video: Konten YouTube tidak boleh terlalu panjang. Pengguna harus tertarik pada konten dan menontonnya untuk mendapatkan nilai sebenarnya darinya.
Ringkasan
Video YouTube yang dioptimalkan adalah yang:

Relevan dengan pengguna dan/atau kueri penelusuran mereka.
Termasuk kata kunci yang relevan.
Melibatkan pengguna, memaksa mereka untuk menonton sebagian besar, jika tidak semua, video.
Memiliki CTA yang jelas.
Menyertakan setidaknya satu tautan yang mengarah ke situs yang relevan untuk informasi lebih lanjut.
Pengoptimalan ini mudah, lugas, dan membantu saat menghasilkan konten video berkualitas yang harus didistribusikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!