Apa Itu Siaran Pers: Cara Menulis Dan Mendistribusikannya

Apa Itu Siaran Pers: Cara Menulis Dan Mendistribusikannya

Daftar isi
Definisi Siaran Pers: Apa itu Siaran Pers?
Mengapa Siaran Pers Penting
Kapan Melakukan Siaran Pers
Ketika Anda Tidak Harus Melakukan Siaran Pers
Mengapa Menggunakan Agensi PR Untuk Siaran Pers
Cara Mendistribusikan Siaran Pers
Metode Satu: Siaran Pers Untuk SEO
Metode Dua: Siaran Pers Untuk Berbagi Cerita
Cara Menulis Siaran Pers
Tujuan Siaran Pers
Mengapa Belajar Menulis Siaran Pers Itu Penting
Templat Siaran Pers
Kesimpulannya


Jika Anda bekerja di bidang hubungan masyarakat, Anda pasti pernah mendengar istilah “siaran pers”. Meskipun sering digunakan, banyak yang masih bertanya-tanya apa definisi siaran pers yang sebenarnya. Baca lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman tentang definisi siaran pers dan pelajari cara mendistribusikan dan menulisnya.


Definisi Siaran Pers: Apa itu Siaran Pers?


Menurut definisi siaran pers Undercover.co.id jasa press release indonesia , siaran pers, juga dikenal sebagai “rilis berita”, adalah: “pernyataan resmi yang disampaikan kepada anggota media berita untuk tujuan memberikan informasi, pernyataan resmi, atau membuat pengumuman.” Dalam istilah yang lebih sederhana, siaran pers adalah cara untuk berbagi cerita Anda dengan media.


Seiring kemajuan teknologi dan metode komunikasi kita berkembang, definisi siaran pers pun ikut berkembang. Namun, dasar dari semua siaran pers adalah komunikasi. Tidak masalah apakah itu melalui panggilan telepon, email, atau dikirim ke jurnalis dengan tangan — begitulah cara penemu konsep, Ivy Lee, merilis ceritanya!


Siaran pers memiliki anatomi dan struktur tertentu yang diikuti untuk memastikan mereka memasukkan semua informasi relevan yang dibutuhkan sumber berita untuk mendistribusikan berita. Mereka mulai dengan informasi yang paling penting dan kemudian mengalir ke informasi yang lebih umum. Unsur-unsur yang digunakan dalam siaran pers meliputi:

  • Sebuah logo
  • Judul utama
  • Sebuah subjudul
  • Garis tanggal
  • Paragraf utama
  • Paragraf tubuh
  • Kutipan
  • Sebuah “boilerplate” (ini adalah tempat Anda menjelaskan perusahaan atau organisasi Anda)
  • Kontak informasi

Mengapa Siaran Pers Penting


Siaran pers sangat berharga karena beberapa alasan:
Mereka memberi tahu publik bahwa Anda terbuka! Dengan berbagi cerita yang layak diberitakan tentang bisnis Anda dengan media, Anda memberi tahu publik bahwa perusahaan Anda terbuka dan siap untuk bisnis. Siaran pers adalah cara yang bagus untuk berbagi berita dan kemajuan di perusahaan Anda sambil memperkenalkan nama Anda.


Mereka dapat meningkatkan SEO Anda. Jika dilakukan dengan benar, siaran pers adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas dari calon pelanggan ke situs web Anda. Bahkan jika rilis asli Anda tidak menyertakan tautan balik, blog atau situs web lain mungkin mengambil rilis Anda dan menyertakan tautan dofollow ke situs web Anda. Pastikan siaran pers Anda berkualitas. Hanya siaran pers berkualitas yang dibagikan dengan tautan berkualitas!


Mereka meningkatkan reputasi Anda. Siaran pers membuat perusahaan Anda terlihat lebih sah. Saat Anda membagikan berita menarik atau menginspirasi tentang bisnis Anda, mereka yang Google akan melihat berita ini dan melihat bahwa perusahaan Anda ada di luar sana, mencapai hal-hal hebat!


Mengapa Siaran Pers Penting

Kapan Melakukan Siaran Pers


Siaran pers dibuat untuk berita yang inovatif dan menarik. Pikirkan tentang sesuatu yang layak diberitakan yang ingin Anda bagikan tentang perusahaan Anda. Mungkin perusahaan Anda baru, atau sedang dirubah. Mungkin berita Anda terkait dengan investasi. Apakah bisnis Anda telah menerima dana besar, dan terlebih lagi, dari sumber penting? Apa pun beritanya, pastikan itu cukup menarik untuk menarik perhatian wartawan dan publik.

Ketika Anda Tidak Harus Melakukan Siaran Pers


Siaran pers TIDAK boleh dilakukan untuk kegiatan sehari-hari. Pikirkan tentang jenis berita yang ingin Anda konsumsi terkait dengan bisnis atau niche Anda. Apakah Anda merasa senang dengan pembaruan rutin di industri Anda? Mungkin tidak. Saat membuat siaran pers, pastikan itu tentang acara atau topik yang tidak terjadi setiap hari. Berpikirlah seperti seorang reporter! Outlet media hanya akan menerima siaran pers yang mereka yakini akan benar-benar menarik perhatian audiens mereka.


Siaran pers juga tidak boleh dilakukan jika Anda hanya mencoba menghubungi outlet media untuk diwawancarai. Siaran pers sangat bagus untuk berbagi cerita yang sudah dirumuskan dan ditulis tentang merek atau bisnis Anda! Namun, jika Anda ingin melakukan wawancara, yang terbaik adalah mengajukan diri Anda kepada wartawan satu lawan satu. Hubungi jurnalis melalui metode yang dipersonalisasi — baik melalui email, nomor telepon, Instagram, dll. Beri tahu jurnalis siapa Anda dan mengapa mereka harus mewawancarai Anda!


Mengapa Menggunakan Agensi PR Untuk Siaran Pers


Mengirimkan siaran pers bisa menjadi banyak pekerjaan, dan penting untuk bisnis Anda bahwa itu dilakukan dengan benar. Sebuah agen hubungan masyarakat akan memiliki pelatihan yang dibutuhkan untuk memastikan semua aspek siaran pers ditangani dengan benar. Jika Anda mengirimkan siaran pers yang informasinya hilang, atau tidak terorganisir, tidak ada media yang akan meluangkan waktu satu menit pun untuk membacanya.


Agensi tahu cara mengirimkan siaran pers, dan juga di mana. Mengirimkan siaran pers tentang merek perawatan hewan peliharaan kepada jurnalis teknis akan membuang-buang waktu, namun banyak perusahaan tidak memeriksa jurnalis yang mereka kirimkan untuk menjadi spesialis siaran pers mereka! Agensi memiliki pengetahuan — dan yang lebih penting, koneksi — untuk mengetahui jurnalis dan kontributor mana yang berspesialisasi dalam ceruk mana dan untuk memilih koneksi terbaik untuk mengirimkan cerita Anda.
Kesimpulannya


Meskipun definisi siaran pers mungkin terdengar sangat resmi dan membingungkan, sebenarnya cukup sederhana! Siaran pers hanyalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia dan menceritakan kisah Anda. Mereka harus digunakan untuk hanya menceritakan kisah-kisah inovatif, bukan kegiatan sehari-hari, dan mereka juga merupakan cara yang fantastis untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur Anda! Tonton video YouTube terbaru kami untuk memastikan Anda ahli siaran pers! Kemudian, bekerja samalah dengan agensi seperti Otter PR untuk membantu Anda berbagi cerita bisnis Anda dengan media.

Cara Mendistribusikan Siaran Pers


Sekarang setelah Anda mengetahui apa definisi siaran pers dan mengapa itu begitu penting, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana tepatnya saya mendistribusikannya? Baca terus untuk mengetahui dua cara paling umum dan efektif untuk mendistribusikan siaran pers.

Metode Satu: Siaran Pers Untuk SEO


Cara Mendistribusikan


Metode pertama untuk mendistribusikan siaran pers adalah melalui layanan kawat. Melalui layanan kawat, siaran pers Anda akan didistribusikan ke media populer seperti Yahoo!, Bloomberg dan Fox.


Kapan Menggunakan Metode Ini


Anda harus menggunakan metode ini untuk mendistribusikan siaran pers jika Anda baru memulai merek atau bisnis Anda. Mendistribusikan melalui layanan kawat akan membantu membawa nama perusahaan Anda di luar sana di dunia. Cara ini juga bagus jika Anda ingin mengoptimalkan SEO bisnis Anda.

Ketika orang-orang mencari nama bisnis atau merek Anda di Google, mereka akan melihat outlet media apa pun yang mengambil cerita Anda. Gagasan untuk jenis siaran pers yang dapat Anda distribusikan melalui layanan kawat termasuk pembukaan perusahaan Anda atau acara besar atau perayaan yang diadakan oleh bisnis Anda. Sudahkah Anda merilis produk, layanan, atau promosi baru? Apakah pendanaan Anda meningkat melalui investor yang menarik atau dengan jumlah yang luar biasa? Jika jawabannya ya, Anda pasti ingin mendistribusikan siaran pers Anda melalui layanan kabel.


Biaya Press Release


Metode pertama untuk mendistribusikan siaran pers ini adalah pilihan yang lebih murah. Harga bisa serendah Rp 3 juta . Ini karena metode ini lebih umum. Anda akan mendistribusikan siaran pers Anda melalui sejumlah besar sumber, namun jumlah waktu atau perhatian tertentu tidak dijamin untuk dimasukkan ke dalam cerita Anda.

Metode Dua: Siaran Pers Untuk Berbagi Cerita


Cara Mendistribusikan


Cara kedua untuk menyebarkan siaran pers melibatkan langsung menghubungi wartawan atau wartawan. Metode ini melibatkan pemikiran yang lebih strategis dan kurang dari metode “melempar informasi ke dinding dan berharap itu menempel” seperti metode satu. Jika Anda kesulitan mengakses jurnalis, Anda juga dapat melalui agen hubungan masyarakat (seperti Otter PR!) dan memanfaatkan koneksi berharga yang dimiliki humas. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda (atau humas) menjangkau jurnalis yang memiliki minat khusus pada jenis cerita yang ingin Anda bagikan. Misalnya, jika Anda ingin berbagi cerita tentang perusahaan energi terbarukan Anda, sebaiknya hubungi jurnalis yang mengkhususkan diri dalam pemberitaan tentang energi terbarukan/konservasi energi.


Kapan Menggunakan Metode Ini


Anda akan ingin menggunakan metode ini jika Anda memiliki cerita peka waktu yang relevan dengan apa yang terjadi di dunia saat ini. Hal ini karena jurnalis selalu mencari berita yang up-and-coming dan relevan dengan peristiwa terkini. Anda juga akan ingin menggunakan metode ini jika Anda seorang pengusaha yang ingin berbagi cerita atau nilai tertentu daripada hanya mencoba untuk mengeluarkan nama Anda secara umum atau berbagi informasi umum tentang perusahaan Anda.


Biaya
Metode pendistribusian siaran pers ini lebih mahal daripada metode pertama. Ini karena metode ini membutuhkan lebih banyak strategi dan merupakan pendekatan yang lebih individual dibandingkan dengan metode yang lebih umum.


Kesimpulannya
Salah satu metode mendistribusikan siaran pers tidak lebih baik dari yang lain! Itu hanya tergantung pada jenis cerita yang ingin Anda tampilkan di sana dan apakah cerita ini sensitif terhadap waktu atau lebih umum. Setiap pendekatan memiliki pro dan kontra yang unik dan penting untuk meluangkan waktu untuk memutuskan metode distribusi mana yang tepat untuk Anda.
Tonton video YouTube terbaru kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang mendistribusikan siaran pers!


Cara Menulis Siaran Pers
Oke, jadi Anda tahu apa itu siaran pers dan bagaimana mendistribusikannya, tapi sekarang Anda mungkin bertanya-tanya “tunggu — bagaimana saya bisa menulis hal ini?!” Ya, jika Anda bekerja di sektor hubungan masyarakat atau memiliki bisnis atau merek yang ingin Anda bagikan kepada dunia, mempelajari cara menulis siaran pers adalah kuncinya. Namun, mempelajari cara menulis siaran pers tidak harus menjadi proses yang sulit! Baca terus untuk mempelajari format terbaik untuk menulis siaran pers dan Anda akan melihat cerita Anda berakhir di berita dalam waktu singkat.


Tujuan Siaran Pers
Dengar, kami tahu Anda bersemangat untuk mempelajari seluk beluk cara menulis siaran pers. Namun, sebelum Anda belajar menulisnya, penting untuk memastikan bahwa Anda mengetahui tujuan siaran pers. Untuk meninjau dan meringkasnya secara sederhana, ada tiga tujuan utama untuk menulis siaran pers:


Anda ingin informasi ini diambil oleh media.
Anda merilis untuk meningkatkan SEO atau hanya untuk mendapatkan merek atau nama bisnis baru Anda di luar sana.
Anda memerlukan informasi ini dirilis ke publik untuk alasan hukum. Bergantung pada sifat bisnis Anda, beberapa tindakan atau proses perusahaan Anda mungkin perlu dipublikasikan atau Anda akan mengalami masalah hukum. Astaga!


Terlepas dari alasan Anda merilis siaran pers, semua siaran pers harus informatif dan (relatif) tidak bias. Tentu saja, membuat siaran pers Anda menarik adalah cara yang bagus untuk membuat jurnalis benar-benar ingin mengkliknya di email mereka dan membacanya! Namun, tujuan utama dari siaran pers hanyalah untuk menyampaikan informasi. Ini berarti bahwa meskipun tidak apa-apa untuk membuat siaran pers Anda lucu atau menarik, Anda perlu memastikan bahwa pada saat wartawan selesai membaca rilis Anda bahwa mereka benar-benar tahu apa yang sedang terjadi!


jumpa pers

Mengapa Belajar Menulis Siaran Pers Itu Penting


Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa meskipun mungkin mudah untuk mengumpulkan banyak informasi ke dalam email dan email massal setiap jurnalis pilihan Anda, bagian yang sulit adalah melihat bahwa siaran pers membuatnya menjadi outlet media besar dan di stasiun berita. Itulah mengapa belajar menulis siaran pers sangat penting! Mengirimkan siaran pers yang ditulis dengan baik dan terorganisir adalah cara paling efisien untuk menjadi berita! Setelah siaran pers Anda dirilis ke kawat, itu tidak lagi di tangan Anda; terserah wartawan untuk memutuskan apakah mereka berbagi cerita Anda dengan dunia atau sampah.

Templat Siaran Pers


Judul


Jangan pernah meremehkan pentingnya judul yang berdampak. Tentu, judul mungkin kurang dari sepuluh persen dari semua konten dalam siaran pers Anda, tetapi itu adalah hal pertama yang dilihat jurnalis saat membaca email mereka! Pikirkan tentang baris subjek email. Jenis tajuk utama apa yang kemungkinan besar akan Anda klik?

Anda akan ingin datang dengan sesuatu yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu pembaca untuk ingin tahu lebih banyak tentang apa yang Anda tawarkan. Namun, harus ada keseimbangan yang baik antara kreativitas dan memastikan judul Anda tetap faktual. Ya, Anda ingin jurnalis Anda ingin mengklik siaran pers Anda, tetapi Anda tetap harus memastikan bahwa informasi yang Anda sampaikan adalah benar!


Anda ingin memastikan judul Anda menarik perhatian audiens Anda, merangsang pemikiran, dan tentu saja, kurang dari satu kalimat. Pikirkan tentang jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini ketika mempertimbangkan judul Anda:


Apa inti dari siaran pers Anda? Mengapa Anda menulisnya?


Mengapa seorang jurnalis harus mengambil siaran pers Anda? Ingat, jurnalis menerima banyak kiriman siaran pers setiap hari! Bagaimana Anda akan membuat milik Anda menonjol?


Apakah judul Anda cocok dengan peristiwa terkini? Berkaitan dengan peristiwa terkini akan membuat wartawan semakin ingin melihat siaran pers Anda karena wartawan selalu mencari berita yang akan menarik perhatian pembacanya! Tidak ada yang lebih menarik perhatian daripada cerita yang relevan dan tepat waktu.


Paragraf pertama
Sementara judul siaran pers Anda penting saat menulisnya, begitu juga paragraf pertama itu! Di sinilah Anda ingin memberi tahu wartawan atau editor mengapa siaran pers Anda relevan dan penting bagi audiens mereka. Tentu saja Anda menginginkan ketertarikan editor saat menulis siaran pers Anda. Namun, tugas editor adalah menarik minat pembacanya. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan mengapa pembaca mereka juga tertarik dengan siaran pers Anda.


Buat paragraf pertama ini singkat dan to the point, juga. Wartawan memiliki begitu banyak siaran pers untuk disortir dalam sehari, mereka mungkin tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membaca satu saja! Itu sebabnya Anda perlu memastikan semua informasi penting Anda ada di awal siaran pers Anda, sambil tetap menambahkan bakat yang membuat siaran pers Anda menonjol dari yang lain.


Terakhir, Anda akan menginginkan ajakan bertindak. Ajakan bertindak Anda akan bervariasi tergantung pada acara yang Anda promosikan, tetapi Anda ingin mengatakan sesuatu yang membuat pembaca terlibat dengan apa yang Anda promosikan. Apakah itu memberitahu mereka untuk membeli tiket konser Anda, mendaftar untuk acara berbicara Anda, atau mendaftar untuk kelas yang Anda selenggarakan, Anda pasti ingin mengundang pembaca untuk mengambil semacam langkah yang dapat ditindaklanjuti.


Komponen Lain Saat Menulis Siaran Pers


Siaran pers Anda bisa sepanjang atau sesingkat yang Anda inginkan. Sangat penting untuk memastikan Anda menyampaikan semua informasi yang relevan, tetapi Anda tidak ingin terlalu bertele-tele. Sekali lagi, waktu sangat penting dalam menulis siaran pers! Siaran pers antara 400 hingga 500 kata adalah panjang yang ideal. Meskipun Anda perlu membuat siaran pers Anda singkat, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menyertakan komponen-komponen berikut:


Informasi latar belakang. Jangan berasumsi bahwa reporter secara otomatis mengetahui konteks cerita Anda! Beri mereka informasi latar belakang tentang perusahaan Anda yang menurut Anda relevan dan akan membantu menjual perusahaan Anda.


Fakta. Nyatakan fakta yang relevan tentang bisnis Anda! Menyertakan angka selalu merupakan cara yang bagus untuk membangun kredibilitas dan minat dalam bisnis Anda.


pendapat. Menyertakan pendapat (tentu saja positif) tentang perusahaan Anda dari pelanggan juga merupakan cara yang bagus untuk membangun kredibilitas dan membantu melukiskan bisnis atau merek Anda secara positif.


Kutipan. Setiap kutipan yang relevan dengan bisnis Anda atau acara yang Anda promosikan selalu merupakan tambahan yang bagus untuk siaran pers Anda.

Kesimpulannya
Sekarang setelah Anda mengetahui apa definisi siaran pers, bagaimana mendistribusikannya dan bagaimana menulisnya, Anda dapat secara resmi menghiasi diri Anda dengan gelar “Pakar Siaran Pers.” Selamat! Tonton video YouTube terbaru kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang menulis siaran pers

Leave a Comment

Your email address will not be published.