Tutorial SEO Untuk Pemula

seo.or.id – Tutorial SEO Untuk Pemula (7 Langkah Belajar) , Untuk pemula, inilah beberapa info sederhana. Pelajari dasar-dasar SEO, apa artinya, dan bagaimana memulai dengan 7 langkah SEO primer ini.


Bagi banyak perusahaan, situs web mereka dapat menjadi aset merek terbesar mereka, oleh karena itu perlu menunjukkan otoritas, kepercayaan, dan keahlian.

Mengoptimalkan situs web Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menampilkan karakteristik ini merupakan proses dasar SEO.

Namun, sebelum kita menyelami seluk-beluk SEO, saya selalu merekomendasikan klien saya untuk melakukan analisis mendalam tentang hubungan klien dan konsumen mereka.

Perusahaan saya melakukan ini dalam tiga cara:

  • Periksa bagaimana dan mengapa individu menemukan dan mempertimbangkan produk/layanan kami.
  • Periksa perilaku online pelanggan kami (misalnya, kueri penelusuran, pertanyaan, dan saluran atribusi).
  • Periksa kriteria demografis dan psikografis pelanggan kami (misalnya, apa yang mereka sukai dan apa yang mereka cari).
  • Memahami dan menindaklanjuti data ini akan menempatkan Anda pada langkah pertama untuk melakukan kampanye SEO yang tepat.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita definisikan proses SEO, strategi apa yang harus diambil, dan bagaimana hal itu dapat membantu kehadiran online Anda.

Tutorial SEO Untuk Pemula

Dasar SEO


Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses mengoptimalkan situs web untuk menangkap lalu lintas situs web organik sebanyak mungkin melalui mesin pencari dan mengubah lalu lintas tersebut menjadi hasil bisnis yang terukur.

Sederhananya, SEO adalah proses mencoba mengarahkan orang ke situs web Anda kapan pun mereka mengetik permintaan pencarian di mesin pencari.

Misalnya, jika Anda mengetik di Google [apa itu pemasaran konten], ada sekitar satu juta situs web yang dengan sengaja mengoptimalkan sebuah konten untuk frase kata kunci tersebut sehingga Anda mengklik situs web mereka.

Setelah Anda mengklik situs web itu, Anda akan melihat-lihat, membiasakan diri dengan merek mereka, dan mendaftarkan diri Anda untuk buletin mereka.

Cukup sederhana, tetapi SEO juga melibatkan banyak jargon dan strategi bernuansa yang mungkin sulit dipahami pada awalnya. Untuk mempermudah, saya memutuskan untuk mendefinisikan beberapa istilah yang mungkin saya bahas dalam tutorial ini.

Mendefinisikan Istilah SEO


Kata kunci : Kata kunci adalah kata-kata yang dimasukkan pengguna ke mesin pencari setiap kali mereka mencari informasi melalui web.

Lalu lintas organik: Lalu lintas organik adalah setiap lalu lintas yang datang ke situs Anda melalui pencarian mesin pencari, tidak termasuk mereka yang mengklik tautan PPC.

SERP : Halaman hasil mesin pencari.

PPC : Iklan bayar per klik adalah strategi periklanan untuk memberi peringkat produk atau halaman arahan di atas hasil SERP Google normal. Tautan ini akan bertuliskan “iklan” di sebelahnya.

Maksud pengguna : Maksud dari pencarian kata kunci (misalnya, apakah pengguna mengajukan pertanyaan atau ingin membeli produk).

Tag meta : Cuplikan teks yang dirancang untuk menggambarkan halaman web ke mesin pencari. Misalnya, judul halaman dimuat dalam atribut tag judul HTML.

Faktor peringkat : Faktor algoritmik apa pun yang dirancang untuk memengaruhi peringkat halaman di mesin pencari untuk pencarian kata kunci tertentu.

Perayapan : Kemampuan mesin pencari untuk menemukan halaman web di situs Anda.

Indexation : Kemampuan mesin pencari untuk memasukkan halaman web Anda dalam indeks webnya.

SEO Teknis : Detail backend situs web, termasuk kecepatan halaman web dan perenderan seluler, yang memengaruhi peringkat pencariannya.

SEO On-page : Daftar faktor peringkat, termasuk tag meta dan tag header, yang dirancang untuk membantu peringkat halaman lebih tinggi dalam hasil pencarian.

SEO di luar halaman : Daftar faktor peringkat, termasuk pembuatan tautan dan akuisisi, yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web Anda.

Pembuatan tautan: Proses pembuatan tautan balik atau hyperlink ke situs web secara manual, yang merupakan faktor peringkat penting bagi sebagian besar mesin pencari.

Pembaruan algoritme : Pembaruan apa pun pada algoritme inti Google (misalnya, Penguin, Panda) yang memengaruhi berbagai peringkat pencarian.

Data Web Inti : Faktor teknis SEO yang dianggap penting oleh Google dalam menentukan potensi pengalaman pengguna laman.

EAT : Keahlian, Otoritas, Kepercayaan . Serangkaian pedoman yang disarankan Google kepada pemasar untuk mengevaluasi apakah konten mereka memenuhi kriteria ini.

UX : Pengalaman pengguna.

baca juga

Pentingnya SEO


Jadi pertanyaannya menjadi, mengapa SEO begitu penting?

Saya telah menjumpai banyak pengembang, pengiklan, dan bahkan eksekutif tingkat tinggi yang tidak mengerti SEO atau tidak menganggapnya perlu. Ini kebodohan.

Dilakukan dengan benar, SEO adalah hadiah yang terus memberi. Saya memberi tahu klien untuk memikirkannya seperti bunga majemuk pada investasi.

Manfaat SEO antara lain:

  • Biaya rendah, ROI tinggi : Meskipun iklan bagus untuk klik jangka pendek, prospek akan hilang begitu Anda mematikan faucet. Di sisi lain, SEO adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan nilai merek Anda dan memberikan ROI yang jauh lebih tinggi dalam jangka panjang – jika dilakukan dengan benar.
  • Rasio klik-tayang (RKT) yang lebih tinggi : Semakin tinggi peringkat konten Anda di mesin pencari, semakin besar kemungkinan orang akan mempercayai dan mengklik halaman web Anda.
  • Peningkatan kesadaran merek : Menangkap real estat SERP tambahan membantu menempatkan merek Anda di depan lebih banyak bola mata.
  • Jangkau lebih banyak titik kontak selama perjalanan pembeli : Lebih dari 50% pembeli melakukan riset sebelum melakukan pembelian, sehingga membuat konten tambahan dapat memberikan titik kontak lain untuk memelihara prospek di seluruh corong penjualan Anda.
  • Lalu lintas yang lebih berkelanjutan : Satu blog peringkat tinggi dapat menarik lebih banyak lalu lintas dengan sedikit biaya atau tanpa biaya vs. kampanye PPC bernilai ribuan dolar.
  • Prospek yang lebih berkualitas : Menyediakan konten tingkat tinggi dapat membantu memenuhi niat pengguna dan membangun kepercayaan yang lebih tinggi dengan pelanggan, membuat mereka lebih cenderung beralih ke merek Anda untuk keputusan atau informasi belanja di masa mendatang.
  • Dengan mempertimbangkan manfaat ini, kunci SEO sekarang adalah memahami semua seluk-beluk kecilnya dan mempelajari cara melakukannya dengan cara yang benar.

7 Langkah Untuk Menguasai SEO Sekali Dan Untuk Semua

Bangun Fondasi Teknis yang Kokoh


Sayangnya, semua yang akan saya bicarakan sama sekali tidak berguna jika situs web Anda memiliki kesalahan teknis substansial yang mencegahnya mendapat peringkat tinggi.

Saya telah melihat banyak perusahaan membuat konten bentuk panjang yang luar biasa hanya untuk terhambat karena masalah kecepatan halaman atau pengindeksan.

Google menghargai SEO teknis karena SEO teknis berpengaruh besar pada pengalaman pengguna. Misalnya, jika halaman web Anda dimuat dengan lambat dan pengguna cenderung terpental, Google akan menyesuaikan berdasarkan informasi ini.

Untuk memperkuat hal ini, Google meluncurkan proyek Core Web Vitals pada tahun 2020. Tanpa terlalu banyak membahas tentang gulma, Core Web Vitals mengukur:

  • Cat konten terbesar (LCP) : Berapa lama halaman dimuat.
  • Pergeseran tata letak kumulatif (CLS) : Seberapa stabil visualnya.
  • Penundaan input pertama (FID) : Berapa lama hingga pengguna dapat berinteraksi dengan situs.
  • Core Web Vitals memberi developer dasar yang harus dijangkau untuk membuat UX yang solid.

Laporan UX Chrome (Khusus Pengguna Chrome) memungkinkan Anda menguji situs web Anda untuk informasi vital inti ini guna melihat apakah diperlukan perubahan.

Selain itu, saya sarankan untuk fokus pada faktor-faktor berikut untuk memposisikan situs web Anda sebaik mungkin untuk mendapatkan peringkat di SERPs.

  • Hosting : Cari host dengan server yang dekat dengan Anda, paket hosting yang dapat diskalakan dengan situs web Anda, dan faktor penting lainnya, seperti cadangan data dan sertifikasi SSL.
  • Sistem manajemen konten (CMS) : Membuat halaman web di CMS seperti WordPress mempermudah pengembang dan pemasar untuk memperbarui situs web mereka tanpa belajar kode. Plus, alat seperti WordPress memiliki plugin yang membantu meningkatkan situs web Anda tanpa pekerjaan backend.
  • URL : Membangun struktur URL yang SEO-friendly penting untuk indeksasi. Berikut ini merupakan struktur URL termudah dan paling ideal: https://domain.com/subdomain/pagetitle.
  • Perayapan dan pengindeksan : Kesalahan perayapan dan pengindeksan yang disebabkan oleh tema atau tag robots.txt yang salah konfigurasi akan mencegah situs web Anda ditemukan oleh mesin telusur.
  • Peta situs XML : Mengirimkan peta situs XML dengan semua URL yang ada adalah cara yang bagus untuk membantu halaman Anda diindeks dengan benar dan dirayapi dengan cepat.
  • Kecepatan halaman : Kecepatan halaman adalah salah satu faktor terpenting untuk menentukan peringkat. Beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan halaman termasuk mengompresi gambar, menggunakan format generasi berikutnya, membatasi JavaScript, dan membatasi pengalihan.
  • Rendering dan daya tanggap seluler : Kecepatan halaman kedua yang penting adalah daya tanggap seluler. Membuat situs web responsif seluler memungkinkan situs Anda dirender dengan benar dan dimuat dengan cepat di perangkat seluler.
  • Konten duplikat : Hilangkan konten duplikat yang mengkanibalisasi peringkat kata kunci Anda. Memasukkan tag kanonis pada konten asli Anda dapat membantu mengurangi kesalahan duplikat konten.
  • Protokol HTTPS : Pastikan situs web Anda dioptimalkan dengan sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) untuk melindungi pengguna yang mengunjungi situs Anda. Chrome akan memberikan peringatan kepada pengguna yang mengunjungi situs web tanpa sertifikat SSL, yang akan mematikan semua lalu lintas Anda.
  • Pengalihan 301: Mengarahkan ulang konten lama atau duplikat dengan pengalihan 301 adalah cara yang bagus untuk mentransfer ekuitas tautan yang ada ke halaman baru untuk membantu peringkatnya lebih tinggi.
  • Kesalahan HTTP : Kesalahan 4xx, seperti kesalahan 404, menandakan bahwa ada sesuatu di laman web Anda yang rusak dan harus diperbaiki untuk membantu peringkatnya kembali.
  • Tuliskan daftar masalah yang Anda miliki dengan situs web Anda dan bekerjalah dengan pengembang untuk menyelesaikannya sebelum Anda mulai menerbitkan konten atau meneliti kata kunci.

Untuk perincian yang lebih mendetail tentang faktor SEO teknis, baca SEO Teknis Lanjutan: Panduan Lengkap .

Pelajari Cara Meneliti Kata Kunci dengan Benar


Setelah Anda memiliki fondasi teknis yang sangat mudah, saatnya untuk masuk ke aspek SEO yang lebih terperinci: menemukan kata kunci.

Secara umum, kami mengelompokkan kata kunci ke dalam dua kategori yang dapat kami gunakan untuk membuat navigasi tingkat atas:

Kata kunci benih : Kata kunci benih adalah kata kunci pencocokan luas singkat (1-3 kata) yang terkait dengan layanan, produk, atau topik terpenting Anda. Misalnya, jika Anda membuat situs web untuk agensi SEO, kata kunci unggulan Anda mungkin menyertakan “layanan SEO” atau “ahli strategi pemasaran masuk”.


Kata kunci berekor panjang : Kata kunci berekor panjang adalah kata kunci yang lebih panjang (>3 kata) yang berhubungan dengan kueri tertentu. Misalnya, “apa itu pemasaran konten” atau “Sepatu Kasual Mid Jordan Air Retro 1” adalah contoh kata kunci berekor panjang yang bagus.


Navigasi tingkat atas Anda akan menyertakan kata kunci unggulan yang terkait dengan topik, layanan, atau lini produk yang luas. Misalnya, navigasi tingkat atas situs web Search Engine Journal mengikuti format ini:


Di sisi lain, kata kunci berekor panjang akan digunakan untuk posting blog hijau yang informatif atau berbagai bentuk konten yang menarik langsung ke maksud pengguna.

Umumnya, banyak bisnis kecil suka fokus pada kata kunci berekor panjang untuk layanan yang lebih khusus karena mereka memiliki persaingan yang lebih rendah.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat halaman pilar terpisah di sekitar kata kunci unggulan di situs web Anda untuk membantu mereka mendapat peringkat lebih tinggi di mesin telusur.

Misalnya, memiliki halaman topik luas yang terkait dengan SEO seluler tidak akan berperingkat setinggi posting hijau yang membahas SEO seluler.

Sekali lagi, Search Engine Journal memberikan contoh bagus lainnya dari halaman pilar menggunakan kata kunci unggulan dan halaman pendukung yang membahas subtopik yang diambil dari kata kunci berekor panjang.


Selanjutnya, kita perlu memfilter pencarian kata kunci kita untuk maksud pengguna.

Biasanya ada dua kategori luas maksud pengguna yang dapat kita pisahkan menjadi kata kunci:

Komersial : Kata kunci yang menargetkan pembeli (misalnya, “Sepatu Nike”).
Informasi : Kata kunci yang menargetkan orang yang mencari informasi (misalnya, “Apa itu membangun tautan”).
Untuk mengembangkan kata kunci komersial untuk laman layanan/produk tingkat atas dan laman produk individual, saya sarankan menggunakan Perencana Kata Kunci Google Ads gratis .

Untuk memulai, ketikkan kata kunci unggulan yang terkait dengan bisnis Anda.


Perencana Kata Kunci Google bahkan memberikan ide tambahan untuk pencarian ekor panjang di bagian atas, dan Anda dapat memisahkan kata kunci berdasarkan persaingan dan faktor lainnya.

Saya suka memfilter kata kunci dengan “Tawaran halaman atas (rentang tinggi)” untuk melihat kata kunci mana yang ditawar tertinggi oleh pengiklan. Filter ini juga berguna jika Anda ingin memisahkan kata kunci berdasarkan niat, dengan tawaran yang lebih tinggi bersifat komersial dan tawaran yang lebih rendah bersifat informasional.

Pilih daftar kata kunci awal – sebaiknya dengan volume lebih rendah – dan ekspor ke CSV.

Selanjutnya, kita akan mencari kata kunci berekor panjang dengan frase pertanyaan. Frasa pertanyaan memungkinkan kami untuk menjawab pertanyaan pengguna secara langsung, memiliki persaingan pencarian yang lebih rendah, dan dapat digunakan untuk membuat halaman pendukung untuk pilar kami.

Anda dapat memfilter pencarian kata kunci di Perencana Kata Kunci dengan memasukkan “apa”, “mengapa”, “kapan”, dan “bagaimana” ke dalam pencarian Anda, atau gunakan alat seperti Semrush yang bekerja untuk Anda.


Saya sangat merekomendasikan alat seperti Semrush atau Ahrefs , yang memungkinkan Anda membuat daftar kata kunci dan ide topik menggunakan kata kunci berekor panjang terkait. Anda bahkan dapat memfilter kata kunci berdasarkan kesulitan, volume, dan niat.

Selain itu, alat seperti AnswerthePublic sangat bagus untuk menemukan frasa pertanyaan tambahan.


Google Trends , Semrush, dan Ahrefs juga menawarkan alat yang memungkinkan Anda melihat topik dan kata kunci yang sedang tren di industri Anda untuk ide-ide baru.

trending-topik-semrushTangkapan layar dari Semrush, November 2022
Terakhir, intip apa yang dilakukan pesaing Anda jika Anda mencari daftar kata kunci atau topik dan tidak tahu harus mulai dari mana.

Alat seperti Semrush dan Ahrefs menunjukkan kepada Anda siapa pesaing online terbesar Anda dan memungkinkan Anda menjelajahi kata kunci dan halaman mana yang mengarahkan lalu lintas tertinggi ke domain pesaing.


Curi kata kunci dan ide konten ini untuk mengoptimalkan situs web Anda berdasarkan bentuk konten mana yang memiliki peringkat tertinggi untuk pesaing Anda.

Setelah Anda menyusun daftar kata kunci dalam spreadsheet, cocokkan kata kunci unggulan Anda dengan URL navigasi teratas dan gunakan kata kunci berekor panjang untuk membangun topik untuk kalender konten Anda.

  1. Buat Konten Yang Berperingkat Dan Berkonversi
    Membangun strategi pemasaran konten dari penelitian kata kunci Anda akan memungkinkan Anda mengembangkan otoritas seputar topik dan memenuhi niat pengguna di seluruh corong penjualan Anda.

Pembuatan konten tingkat tinggi juga membantu Anda atau bisnis Anda menjadi pemimpin pemikiran di bidangnya masing-masing.

Misalnya, Neil Patel, Brian Dean, dan beberapa lainnya telah menggunakan konten untuk mempromosikan merek pribadi dan profesional mereka ke puncak industri kita.

Pertama, mari kita lihat faktor yang memengaruhi peringkat konten, seperti:

  • Niat pengguna : Pertama dan terpenting, apakah konten Anda memenuhi maksud pengguna? Apakah itu menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dan memberikan jawaban yang memuaskan?
  • Panjang : Menurut riset HubSpot , panjang blog yang ideal adalah antara 2.100 hingga 2.400 kata. Apakah itu berarti blog resep pendek harus lebih dari 2.000 kata? Tidak, itu hanya berarti bahwa konten yang lebih panjang yang memuaskan maksud pengguna cenderung berkinerja lebih baik dan menggabungkan lebih banyak tautan. Saya telah melihat halaman 300 kata mengungguli halaman 2.500 kata, tetapi banyak dari halaman yang lebih panjang itu dibuat dengan halus. Pastikan konten Anda memberikan nilai dan solusi bagi pembaca, dan panjangnya harus diperhatikan dengan sendirinya.
  • Media : Meskipun kami cenderung berfokus pada blog dan konten tertulis, banyak konten yang dapat memperoleh manfaat besar dari video, infografis, atau bahkan podcast. Anda juga dapat mencampur dan mencocokkan konten dengan mendukung video di YouTube dengan PDF atau blog di situs web asli Anda.
  • Keunikan : Konten yang berperingkat tinggi cenderung memberikan sesuatu yang unik bagi pembaca, baik itu penelitian orisinal atau topik berbeda yang memicu percakapan.
  • Interlinking : Interlinking adalah cara yang bagus untuk membantu halaman diindeks, mendapatkan ekuitas tautan tambahan, dan memberi pembaca sumber daya lain saat mereka membaca konten Anda.
  • Hyperlinking : Dengan cara yang sama, tautan eksternal sering diabaikan oleh banyak orang, tetapi saya percaya bahwa mereka meningkatkan UX dan memberikan kredibilitas ke situs web Anda. Misalnya, jika Anda menulis tentang kedokteran dan menautkan ke jurnal medis, ini akan memberi tahu Google dan pengguna bahwa penelitian Anda mungkin akurat.
  • Scannability : Konten yang mudah dibaca dan dipindai cenderung memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan tingkat hunian yang lebih tinggi. Saya sarankan agar paragraf tetap pendek (satu hingga dua kalimat) dan pisahkan banyak teks dengan spasi, gambar, iklan, atau video.
  • Secara umum, saya suka membuat posting pilar menggunakan tutorial hijau (seperti ini!) Dan kemudian menggunakan kata kunci berekor panjang untuk membuat subtopik.

Jadi, misalnya, setiap langkah dari tutorial ini bisa mewakili subtopik, dan strategi saya bisa menjadi lebih rinci dari sana.

Selanjutnya, kita perlu membahas penulisan konten untuk setiap tahapan sales funnel Anda. Sementara konten informasi dan posting blog sangat bagus untuk menarik lalu lintas, Anda perlu membuat strategi untuk mengubah lalu lintas web menjadi penjualan atau langganan begitu mereka mendarat di situs web Anda.

Corong penjualan tipikal terdiri dari setidaknya tiga tahap :

  • Kesadaran : Pada tahap ini, orang pertama kali menemukan situs web Anda. Konten kesadaran dapat mencakup blog tradisional, kiriman tamu, Tanya Jawab, pengumpulan ahli, penelitian asli, siaran pers, ebook, buku nyata, atau informasi apa pun.
  • Pertimbangan/Minat : Pada tahap ini, Anda akan terlibat dengan pengunjung sebelumnya untuk menciptakan minat pada bisnis Anda. Beberapa konten tahap pertimbangan mencakup eBook, whitepaper, webinar, atau apa pun yang dapat menarik orang untuk menyelesaikan suatu tindakan, seperti mengunduh PDF, berlangganan buletin, dll.
  • Keputusan : Pada tahap akhir saluran penjualan Anda, calon pelanggan akan memutuskan apakah akan membeli dari bisnis Anda atau tidak. Konten tahap keputusan dapat mencakup beberapa bentuk konten yang sama di atas, tetapi dikemas dalam penawaran yang dirancang untuk menyelesaikan penjualan.
  • Anda akan sering menemukan corong penjualan pada platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) jauh lebih kompleks dari ini, tetapi ini akan memberi Anda gambaran dasar tentang bagaimana Anda harus mendekati strategi pemasaran masuk menggunakan pemasaran konten.
  1. Optimalkan Halaman Web Anda Untuk Mesin Pencari
    Setelah Anda mulai memompa konten dan membuat halaman layanan Anda, Anda harus memastikan bahwa konten Anda dioptimalkan dengan benar untuk mesin pencari.

Saya tahu kita telah membahas beberapa faktor peringkat dan SEO teknis, tetapi sekarang saatnya untuk menyelami faktor pengoptimalan on-page dan SERP.

Hal-hal penting SEO di halaman:

  • Penempatan kata kunci : Kata kunci utama harus digunakan secara strategis dalam judul, paragraf pembuka, dan dengan murah hati melalui badan halaman yang masuk akal.
  • Kata kunci yang terkait secara semantik : Manfaatkan kata kunci yang terkait secara semantik melalui konten di tempat-tempat strategis, seperti header, untuk membuat subtopik di artikel Anda dan di isi konten Anda untuk menentukan peringkat kata kunci tambahan.
  • Tag H1 : Header H1 adalah judul halaman seperti yang muncul di dokumen web fisik. Optimalkan tag H1 Anda dengan kata kunci utama Anda dan pastikan itu relevan dengan teks.
  • Tag H2, H3, dan H4 : Tag header H2, H3, dan H4 Anda adalah header yang lebih kecil di dalam dokumen halaman web yang dimaksudkan untuk mengatur teks ke dalam subtopik. Optimalkan tag ini dengan kata kunci terkait semantik dan berekor panjang.
  • Markup skema (opsional) : Markup skema adalah bentuk mikrodata yang dimasukkan ke dalam kode HTML Anda untuk membantu mesin telusur mengindeks halaman web Anda berdasarkan topiknya. Misalnya, ada berbagai bentuk markup skema untuk berbagai topik, lokasi, dan bahkan informasi kontak, jadi jika seseorang mencari nama dan lokasi Anda, halaman web tersebut akan muncul.
  • CTA : Pastikan bahwa setiap halaman web memiliki ajakan bertindak (CTA) di beberapa titik, yang membujuk pengguna untuk menyelesaikan tindakan yang diinginkan di situs web Anda. CTA dapat menyertakan CTA berbasis teks di dalam konten, tombol CTA, atau bahkan CTA berbasis gambar.
  • Pengoptimalan gambar : Semua gambar harus dikompresi, disajikan dalam format generasi berikutnya, dan dioptimalkan untuk teks alternatif untuk mengindeksnya dalam pencarian gambar Google.
  • Geotag (opsional) : Jika Anda bersaing dalam SEO lokal, geotag kata kunci Anda dengan kota, negara bagian, dan wilayah tertentu akan membantu peringkat situs web tersebut dalam pencarian “dekat saya”. Webmaster dapat menambahkan geotag ke judul, informasi NAP, atau bahkan gambar apa pun yang diunggah ke CMS mereka.


Optimasi SERP:

  • Tag judul : Tag judul adalah tautan yang dapat diklik pada SERP dan harus menyertakan kata kunci utama, nama merek Anda (hanya beranda), kata perintah, dan terkait dengan dokumen halaman web yang ditautkan. Selain itu, tag judul tidak boleh lebih dari 60 karakter.
  • Deskripsi meta : Deskripsi meta harus menjelaskan halaman web yang ditautkan dan menyertakan kata kunci utama dalam deskripsi dan ajakan bertindak. Deskripsi meta tidak boleh lebih dari 160 karakter.
  • Google Profil Bisnis : Semua situs web yang beroperasi sebagai bisnis harus membuat laman Google Profil Bisnis dan melokalkannya untuk wilayah geografis yang mereka layani.
  • Mungkin salah satu strategi SEO off-page Google yang paling penting dan faktor peringkat tetaplah membangun tautan yang sulit dipahami, yang akan dijelaskan selanjutnya.

Bangun Tautan ke Situs Web Anda


Menurut penelitian, tautan masuk masih merupakan faktor peringkat yang kuat , meskipun kualitas tautan mengalahkan kuantitasnya.

Ada lusinan strategi membangun tautan untuk digunakan, dari HARO hingga blog tamu.

Untuk memulai pembuatan tautan, Anda harus membuat konten yang bagus. Kemudian, setelah magnet tautan Anda dibuat, Anda harus menempatkan bola mata di depannya agar orang dapat mulai menautkannya.

Untungnya, alat seperti Semrush telah sangat menyederhanakan proses penjangkauan manual, memungkinkan Anda mengumpulkan info kontak untuk situs web target dan mengelola penjangkauan manual Anda melalui email.

Anda bahkan dapat memasukkan kata kunci atau pesaing tertentu untuk mengungkap situs untuk peluang membangun tautan.


Jika Anda tidak memiliki alat backlink, Anda masih dapat menjangkau orang secara manual menggunakan operator situs.

November 2022Jika ada situs yang Anda inginkan dari tautan tertentu, Anda juga dapat melakukan pencarian “situs:” dan menulis dalam suatu topik untuk melihat apakah mereka memiliki konten yang ditulis tentang topik itu
Untuk menemukan topik trending umum untuk menjangkau link, lakukan pencarian “intitle”.

Operator situs juga dapat digunakan untuk menemukan halaman sumber daya atau peluang posting tamu untuk menjangkau.


Untuk meringkas, saya menulis daftar praktik pembuatan tautan penting di bawah ini:

  • Buat konten yang selalu hijau untuk ditautkan ke situs lain.
  • Gunakan penelusuran operator situs untuk menemukan situs yang dapat dihubungi untuk tautan.
  • Gunakan HARO untuk mengirimkan penawaran dengan tautan ke situs web saya .
  • Posting tamu di situs eksternal untuk tautan kembali ke situs saya.
  • Menautkan penyebutan tidak bermerek apa pun di web menggunakan Ahrefs atau Semrush.
  • Kelola jangkauan manual menggunakan alat backlink seperti Semrush atau Ahrefs.
  • Curi peluang tautan dari pesaing dengan menggunakan Semrush atau Ahrefs.
  • Tolak semua tautan beracun yang diidentifikasi oleh Semrush atau Ahrefs.
  • Catatan editor: Sebagai alternatif gratis untuk alat seperti Semrush, Anda dapat menambang data Google Search Console.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara melakukannya, kami merekomendasikan sumber daya ini .

Bagikan Dan Promosikan Konten Anda


Meskipun saya telah membahas beberapa strategi untuk membantu peringkat konten Anda tinggi dan mendapatkan beberapa backlink secara manual, terkadang strategi tersebut tidak cukup.

Sayangnya, SEO sangat kompetitif.

Sebaliknya, kita juga perlu fokus pada berbagai strategi penjangkauan yang dirancang untuk mengarahkan perhatian ke situs web kita.

Di bawah ini adalah beberapa strategi yang telah saya uraikan untuk membantu mengarahkan lalu lintas langsung ke konten Anda dan membantu peringkatnya lebih tinggi.

  • Bagikan konten Anda di saluran media sosial situs web Anda.
  • Promosikan konten itu dalam iklan sebagai halaman arahan.
  • Bagikan konten di komunitas online yang relevan , termasuk Reddit dan forum online.
  • Ubah konten menjadi video atau podcast untuk dibagikan di berbagai platform, seperti Spotify dan YouTube.
  • Promosikan konten Anda dalam kampanye tetes email dengan daftar prospek yang Anda peroleh.
  • Menampilkan konten dalam buletin bulanan kepada orang-orang yang berlangganan buletin Anda.
  • Tandai influencer yang mungkin tertarik dengan konten Anda di postingan media sosial Anda.
  • Tulis tentang influencer atau pemimpin pemikiran dan kirimkan salinan email kepada mereka untuk dibagikan.
  • Undang penulis tamu di situs web Anda dengan audiens yang besar untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.
  • Publikasikan ulang konten dari blog Anda dalam sebuah ebook yang dapat dipromosikan dan diiklankan melalui saluran pemasaran keluar/masuk Anda saat ini.
  • Tambahkan tagar atau kata kunci yang sedang tren ke konten Anda di pos media sosial untuk membantunya memperoleh visibilitas.
  • Menampilkan konten secara mencolok di beranda atau situs web Anda yang menurut Anda layak untuk dilihat.
  • Tautkan ke konten secara internal untuk membantu memberi peringkat pada teks jangkar tertentu dan untuk meneruskan ekuitas tautan ke halaman.
  • Ada selusin strategi lagi untuk membantu Anda mempromosikan konten, terutama jika Anda mencoba memberi peringkat di media tertentu seperti TikTok, Substack, Twitter, atau tempat lain.

Konsultasikan dengan Analitik


Terakhir, SEO tidak lengkap tanpa berkonsultasi dengan analitik

Alat analitik terpenting yang saya rekomendasikan untuk bisnis apa pun adalah Google Analytics , Google Search Console , dan alat penelitian kompetitif seperti Semrush.


Pertama, saya suka menggunakan alat seperti Semrush untuk melihat konten mana yang diberi peringkat dalam jarak yang mencolok (posisi 11-20) di Google untuk menggunakan kembali konten yang ada atau membuat konten baru di sekitar kata kunci itu dan menautkan bolak-balik antara dua halaman.

Analitik Anda juga akan memberi tahu Anda halaman mana yang mendorong lalu lintas paling banyak dan mana yang membutuhkan promosi lebih besar.

Namun, agar lebih terperinci, kami perlu melihat Google Analytics untuk memeriksa bagaimana orang terlibat dengan konten kami.

Sebaiknya siapkan sasaran atau jalur konversi untuk melacak berapa banyak orang yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan di situs web Anda.

Saya juga suka menggunakan Alur Perilaku Google Analytics untuk menunjukkan jalur yang diambil pengguna saat mereka membuka situs web saya.


Gunakan indikator kinerja utama (KPI) yang disediakan GA untuk melakukan perubahan pada situs web Anda jika diperlukan.

Bagi saya, KPI yang paling penting untuk diingat adalah:

  • Tingkat konversi : Berapa banyak orang yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian.
  • Tingkat pentalan : Berapa banyak orang yang meninggalkan halaman web tanpa mengunjungi yang lain.
  • Waktu rata-rata di halaman : Berapa lama orang menghabiskan waktu di halaman? Apakah mereka benar-benar membaca konten saya atau membaca sepintas lalu pergi?
  • Saluran : Dari mana datangnya lalu lintas (yaitu, organik, langsung, berbayar), dan mana yang harus saya prioritaskan?
  • Perangkat : Di perangkat mana orang menelusuri bisnis saya?
  • Lokasi : Apakah lalu lintas situs web dilokalkan untuk bisnis saya?


Selain itu, Google Search Console juga merupakan alat bermanfaat yang memungkinkan kami melihat berapa banyak tayangan yang dihasilkan halaman kami dan berapa banyak orang yang mengklik tautan kami.

Menyiapkan KPI dan berkonsultasi dengan analitik Anda setiap bulan untuk menemukan peningkatan dapat membantu Anda memahami strategi mana yang berfungsi untuk situs web Anda dan mana yang perlu dibuang.

Gunakan Keahlian Anda


Sekarang setelah Anda memahami dasar-dasar SEO, Anda akan mempelajari lebih lanjut saat memecahkan masalah selama kampanye.

Untungnya, banyak kesalahan yang Anda buat selama perjalanan tidak akan menghabiskan banyak uang seperti iklan, dan setiap kampanye yang gagal selalu dapat digunakan kembali nanti untuk kesuksesan yang lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *